Mengenal sekilas istilah klep pada sepeda motor

Rekan-rekan MotorExpose, mumpung lagi bongkar kepala silinder / Cylinder Head Yamaha Jupiter Z, kita bahas sekilas tentang istilah yang sering digunakan untuk klep yang kerjanya mengatur masuk nya bahan bakar dan keluar nya sisa gas hasil pembakaran.

Bagi yang sudah sering berhubungan dengan mesin sepeda motor, kedua komponen ini bukan barang aneh lagi. Tapi bagi yang belum pernah sama sekali melihat, silahkan perhatikan gambar klep yang masih terpasang pada kepala silinder diatas.


Yang diberi tanda panah merah adalah klep masuk, sementara yang ditandai dengan panah kuning adalah klep buang. Begitu saja? Tentu bukan itu maksud dari pembahasan kali ini, rekan-rekan semua. Klep juga memiliki nama lain yaitu katup, berapa pun jumlah nya pada kepala silinder jenisnya tetap: masuk dan buang. Tapi terdapat istilah klep yang kadang membuat ragu, seperti klep minyak dan klep api.

Saya sendiri juga kurang paham dengan penamaan klep seperti itu, tapi sekilas saya menjabarkan bahwa klep minyak adalah klep masuk, sementara klep api merupakan klep buang. Ada juga yang menyebutnya dengan katup isap dan katup buang, dimana part yang dimaksud masih komponen yang sama.

Jadi agar tidak terjadi kekeliruan mau pun salah pengertian tentang klep/valve yang juga biasa dikenal dengan katup, dimana akan sering juga kita gunakan untuk pembahasan tentang mesin sepeda motor di lain kesempatan. Untuk mengenal sekilas istilah klep pada sepeda motor, cukup sekian dulu rekan-rekan. Di kesempatan yang akan datang akan kita lanjutkan dan bahas lebih dalam lagi.