Orderan pengecatan RX King dengan rangka warna lemon yellow


Meski sudah tidak diproduksi lagi dan teknologi mesin dua langkah yang sudah dihentikan oleh pabrikan motor, bukan berarti motor yang memiliki akselerasi yahut seperti Yamaha RX King, F1ZR, Suzuki Satria 120 serta Kawasaki Ninja 150 R turut sirna dari muka bumi.

Tersingkir dari ibu kota dan sangat mudah ditemukan didaerah, seperti nya motor 2 tak sedikit meningkat penggemarnya seolah tidak ngeh dengan kehadiran motor anyar yang memiliki fitur ciamik dengan kapasitas mesin 4 langkah nya yang semakin bengkak saja.



Hanya saja kondisi motor rata-rata sudah tidak terawat dengan baik, seperti RX King yang datang ke bengkel untuk orderan pengecatan rangka dengan warna lemon yellow. Rangka yang sudah keropos dan sektor kaki-kaki yang sudah tidak standar lagi menjadi hal yang sering ditemui dan menjadi persoalan yang harus diatasi sebelum mempercantik tampilan nya lagi.

Tahap awal dalam proses rekondisi tentu saja mempreteli seluruh bagian motor, mesin diturunkan sampai tinggal rangka saja dan dibawa ke bengkel yang menyediakan jasa las untuk memperbaiki bagian yang keropos. Setelah itu sedikit dempul digunakan untuk merapikan sisa pengelasan.


Lanjut ketahap persiapan pengecatan, rangka dibersihkan sampai terbebas dari oli, minyak dan kotoran yang bisa mengurangi hasil pengecatan. Setelah itu rangka dilapisi dengan epoxy filler sebagai cat dasar, kemudian di lapisi dengan cat putih agar menghasilkan warna kuning lemon yang lebih baik nantinya.


Tahap berikutnya melapisi suruh bagian rangka dengan cat kuning lemon, setelah kering sempurna tahap akhir diakhiri dengan memberikan lapisan clear coat untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik. Tahap demi tahap sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang lebih baik.


Sedikit catatan dalam tahap pengecatan rangka rx king ini, bahan yang digunakan hanya bahan cat motor jenis NC yang memiliki kwalitas sedang tapi cukup mumpuni untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan bisa lebih menekan ongkos pengecatan.

Sekian dulu rekan-rekan, orderan pengecatan rangka RX King ini tidak sebatas pengecatan rangka tapi juga airbrush tangki dan spadboard depan belakang juga pengecatan mesin nya. Pada kesempatan berikutnya akan kita lanjutkan dan terus ikuti MotorExpose, kita akan bahas berbagai seluk beluk sepeda motor, tidak sebatas airbrush dan modifikasi saja.