Pengalaman Pertama Belajar Mengendarai Motor Dengan Honda GL100

Rekan-rekan MotorExpose, melihat sosok motor Honda GL 100 jadi teringat kembali pengalaman belajar mengendarai motor untuk pertama kalinya. Belajar sendiri tanpa izin orang tua dan langsung praktek tentu saja tidak aman, apa lagi saat itu masih Sekolah Dasar dengan tinggi yang tidak memadai.

Tapi seiring perubahan zaman, saat ini belajar mengendarai motor sedikit lebih mudah lantaran motor matic yang mudah untuk dioperasikan bahkan bagi pemula sekali pun. Cukup atur bukaan gas dan tak perlu mikir operan gigi apa lagi tarik ulur kopling.

Masih berhubungan dengan perubahan zaman, kalau dulu keinginan untuk belajar mengendarai motor sering tidak dipenuhi lantaran orang tua takut konsentrasi anak sekolah jadi buyar, boro-boro
untuk memiliki motor sendiri. Tapi saat ini sepeda motor sudah seperti salah satu fasilitas wajib untuk pendukung ke sekolah. Rata-rata orang tua yang mampu akan membelikan anak-anak nya sepeda motor untuk transportasi ke sekolah bahkan untuk balapan resmi.

Kembali ke cerita awal, pertama kali motor Honda GL 100 di slah / engkol dengan susah payah lantaran kekuatan belum cukup mumpuni untuk menahan motor dalam kondisi kaki jinjit balet. Begitu motor nyala, tarik kopling dan oper gigi satu. Kopling pun dilepas perlahan dan sudah pasti saja tidak seirama dengan bukaan gas.

Begitu motor jalan dengan kecepatan rendah dan tak pernah oper gigi lagi, motor dibawa keliling komplek yang kebetulan sedang sepi. Pada saat ingin berhenti, injak rem tanpa menarik kopling berujung motor mati mendadak dan nyaris jatuh.

Begitu pengalaman pertama belajar mengendarai motor yang pernah dialami, rekan-rekan tentu saja punya pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan. Tapi bagi rekan-rekan yang bisa atau belum pasif, sebaiknya terus berlatih ditempat yang luas agar aman. Jika tidak berani sendiri, bisa minta bantuan sama yang sudah mahir. Nantinya jika sudah mantap, jangan lupa safety riding dalam bawa motornya.

Sekian dulu rekan-rekan, kedepannya kita akan coba untuk membahas artikel-artikel seputar sepeda motor dan tak sebatas airbrush serta modifikasi motor saja.