Penyebab penahan gigi noken as bisa patah

Rekan-rekan MotorExpose, gigi kem / noken as berfungsi untuk menggerakkan kem dengan bantuan rantai keteng yang terhubung ke gigi sentrik. Jumlah mata nya dua kali mata gigi sentrik sehingga dua kali putaran yang terjadi pada poros engkol akan menciptakan satu putaran penuh pada gigi kem.

Sedikit catatan untuk memperkaya referensi bersama, pada gigi kem untuk motor Yamaha Vega mau pun Jupiter Z hanya terpasang dengan satu baut saja, sebuah tonjolan kecil berfungsi untuk menahan gigi kem agar tetap pada posisinya saat terpasang pada kem / noken as.


Desain gigi kem seperti ini butuh ketelitian lebih saat pemasangan, sedikit kelalaian akan berakibat fatal. Biasanya kurang kencang dalam memasang baut menjadi penyebab penahan gigi noken as bisa patah. Pada saat mesin nyala, baut yang kurang kencang akan longgar dan membuat gigi kem bergeser yang semata-mata hanya ditahan oleh tonjolan kecil seperti yang terlihat pada gambar.

Kekuatan tonjolan kecil tersebut tentu saja tidak mampu menahan sentakan saat mesin di geber, ujung-ujungnya patah dan mesin tidak bisa nyala lagi. Patahnya tonjolan penahan bisa berakibat klep bengkok karena bertabrakan dengan piston.

Jika rekan-rekan mengalami nya, jangan khawatir meski pun part yang satu ini rada susah didapatkan apa lagi bagi kita-kita yang didaerah. Untuk perbaikan nya, kita bisa menggunakan jasa bengkel las untuk memperbaiki atau membuatkan tonjolan penahan nya lagi.

Intinya pada saat pemasangan gigi kem, pastikan baut dikencangkan sebaik mungkin dan tidak asal pasang. Dan jangan lupa dengan reng tebal yang terdapat pada baut saat memasang kembali gigi kem. Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat dan bisa kita jadikan referensi bersama.