Pertimbangan sebelum melakukan smoke lampu utama motor

Rekan-rekan MotorExpose, urusan modifikasi motor memang tergantung selera masing-masing. Tapi ada beberapa hal yang butuh diperhitungkan sebelum diterapkan, salah satunya pertimbangan sebelum melakukan smoke lampu utama motor kesayangan.

Dari segi penampilan, lampu utama yang di smoke terlihat lebih keren dari bawaan motor. Ada yang memilih untuk menggunakan cat dengan tipe candy tone dan bisa juga dengan kaca film yang biasanya diaplikasikan untuk pelindung kaca mobil. Dimana kedua bahan tersebut memiliki teknik pemasangan yang berbeda dan juga hasil nya.


Pertimbangan pertama kita lihat dari segi fungsi, jika untuk kepentingan kontes rasanya sah-sah saja karena hanya mengutamakan penampilan semata. Tapi untuk diterapkan harian bisa mengurangi kinerja lampu utama, apa lagi jika terlalu gelap sehingga cahaya lampu utama tidak bisa menerangi jalan saat berkendara malam. Dari segi aturan lalu lintas, bisa-bisa modifikasi seperti ini melanggar dan berujung tilang.

Dari segi keunggulan, smoke lampu dengan cat tipe candy tone bisa diatur kepekatannya lewat komposisi cat dengan thinner. Dan setelah di smoke hasilnya bisa lebih maksimal dengan pelapisan clear coat. Hanya saja dalam mengaplikasikan cara ini, sebaiknya pastikan dulu mika lampu tidak buram jika terkena thinner. Hal ini perlu dilakukan agar saat bosan dan ingin kembali bening seperti semula, cukup disiram thinner dan bersihkan dengan bantuan kapas atau kain bersih.

Beberapa alternatif bisa juga diterapkan dalam smoke lampu menggunakan cat candy, bisa diaplikasikan dari dalam dan bisa juga dari luar. Tapi untuk menerapkan dari dalam, butuh melepas mika terlebih dahulu, tentu saja hal ini lebih ribet dan saat membersihkannya nanti juga repot.

Untuk yang ingin simpel, bisa menerapkan penggunaan kaca film. Pemasangannya mudah hanya saja bagi yang belum terlatih bisa-bisa hasilnya tidak rapi. Tapi jika tidak ingin repot, bisa langsung pasang ketempat yang menyediakan jasa cutting sticker dan pemasangan kaca film dengan biaya yang tidak merobek kantong.

Saat ingin kembali ke tampilan standar, cukup lepas kaca film dan bersihkan sisa-sisa lem dengan bensin mau pun minyak tanah. Tapi jika ingin membersihkan dengan thinner, mesti hati-hati dan pastikan mika lampu utama tidak buram terkena thinner.