Pompa oli RX King patah saat pemasangan

Rekan-rekan MotorExpose, kesalahan kecil bisa berakibat fatal saat bongkar pasang komponen motor. Kejadian ini dialami rekan kita dimana pompa oli Yamaha RX King patah saat pemasangan. Salah satu kedudukan baut untuk menempelkan pompa oli ke bak kopling rusak saat akan dikencangkan.

Kejadian ini berawal dari keluhan rekan kita dengan ada nya oli yang merembes pada standar samping motor. Pengecekan pun dilakukan dengan membongkar bak magnet. Ternyata pada stut penekan kopling keluar rembesan oli dan saat dicabut oli pun keluar dalam jumlah yang banyak.


Hal yang sangat tidak wajar karena seharusnya saat stut kopling dicabut tidak akan ada oli yang keluar. Kapasitas oli mesin RX King yang hanya 650 ml tidak akan sampai pada ketinggian stut kopling. Dari aroma khas oli samping yang harum bisa diprediksi bahwa bahwa oli mesin sudah bercampur dengan oli samping.

Pemeriksaan pun dilanjutkan kebagian bak kopling dengan mengukur ketinggian oli mesin menggunakan stik oli bawaan motor. Tapi saat stik oli dibuka, oli keluar dalam jumlah yang sangat banyak. Ini tidak akan pernah terjadi jika dalam keadaan normal.

Dari harum oli bisa dipastikan sil pada pompa oli bocor yang menyebabkan oli mesin bercampur dengan oli samping. Maka untuk mengatasinya oli mesin pun dikuras dan bak kopling di bongkar untuk pengecekan dan penggantian sil pompa oli serta sil O ring. Tapi sialnya pada saat pemasangan, pompa oli yang memang sudah tidak asli patah saat akan dipasang kembali. Padahal baut masih belum dikencangkan dengan tenaga lebih.

Akhirnya pompa oli pun turut diganti padahal niat awalnya yang hanya ingin mengganti sil pompa oli. Disini kwalitas bahan tidak bisa disalahkan, karena jika mengencangkan baut dengan keadaan pompa oli yang sudah terpasang rata, kedudukan baut tidak akan patah.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga pengalaman ini bermanfaat dan bisa kita jadikan pelajaran untuk lebih hati-hati lagi dalam bongkar pasang komponen motor.