Sasis Motor Keropos Segera Perbaiki

Rekan-rekan MotorExpose, seperti tulang yang kekurangan kalsium sasis motor juga bisa keropos. Beberapa hal bisa menjadi penyebabnya dan tidak hanya menyerang motor dengan usia pemakaian lama tapi juga bisa terjadi pada motor yang masih gress.

Seperti yang ditemui pada sasis Honda GL 100 yang sudah berumur dengan pemakaian sekian tahun. Cairan aki dari tipe basah menjadi pemicu keropos yang menggerogoti sasis sampai berlubang. Memang ini tidak terjadi dalam beberapa hari saja, tapi cat yang sudah terkelupas membuat logam tidak lagi terlindungi dan mudah berkarat. Untuk kasus seperti ini sudah jarang ditemui saat ini karena rata-rata motor produksi anyar sudah menerapkan aki kering.


Namun yang terjadi pada sasis Yamaha RX King ini tidak disebabkan oleh cairan aki / accu. Lumpur yang sering menempel pada sasis menjadi pemicu keropos kemudian berlubang dan semakin membesar. Melepas komponen yang melindungi kolong motor membuat resiko lumpur sampai ke bagian yang seharusnya terlindungi.

Persoalan karat dan keropos memang tidak bisa dihindari pada motor. Tapi begitu menemukan tanda-tanda nya, segera ambil tindakan perbaikan agar kerusakan tidak bertambah parah karena bagian yang sudah keropos akan semakin cepat menjalar kebagian yang lain.

Beberapa tindakan sederhana bisa diambil untuk mencegah keropos. Memasang slang pembuangan cairan aki dengan benar dan segera tutup bagian cat sasis yang terkelupas bisa menjadi pencegah keropos. Jika sudah terdapat bagian yang berlubang, segera saja perbaiki dengan memanfaatkan jasa las untuk menambal bagian yang keropos.

Untuk menambal bagian yang keropos, percayakan saja pada penyedia jasa las karena rata-rata mereka tahu dengan apa yang harus dilakukannya. Dan jangan lupa untuk menutupi kembali sasis yang sudah di las dengan lapisan cat. Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat.