Alat perontok cat dan dempul


Rekan-rekan MotorExpose, beberapa trik merontokkan cat lama sebelum pengecatan bisa diterapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Diantaranya, menggunakan soda api atau paint remover, bisa juga dengan gerinda kawat baja, mengerok dengan kertas ampelas serta menggunakan alat perontok cat dan dempul.

Kali ini kita bahas tentang alat perontok cat dan dempul, berikut cara menggunakannya. Perkakas bengkel sederhana ini menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar dan bekerja dengan tekanan udara yang dihasilkan dari pompa pada tabung. Setelah dipanaskan, api yang dihasilkan dari pembakaran digunakan untuk membakar cat dan dempul yang terdapat pada media logam yang akan dicat.


Penamaan alat perontok cat dan dempul ini mungkin berbeda-beda di berbagai daerah di penjuru tanah air. Mungkin sedikit aneh kedengaran nya jika alat ini lebih akrab disebut solder tikus, tapi soal nama tidak penting. Karena yang perlu diketahui, alat ini menghasilkan panas yang tinggi sehingga dengan mudah merontokkan cat dan dempul.

Biasanya bengkel cat mobil lebih akrab dengan alat ini, tapi untuk pengecatan motor juga bisa diterapkan seperti saat membakar cat vespa. Tapi untuk media yang terbuat dari plastik seperti body motor, tentu saja tidak bisa digunakan lantaran bisa membuat body motor meleleh.

Apakah alat ini bisa digunakan untuk merontokkan cat pada tangki motor? Untuk yang satu ini saya sendiri belum pernah menerapkan, tapi sepertinya bisa saja asalkan bensin yang terdapat dalam tangki dikuras habis lalu dibersihkan dengan air sabun. Namun untuk tangki motor, saya lebih memilih untuk menggunakan soda api / paint remover ketimbang menggunakan cara membakar dengan alat perontok cat dan dempul ini.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat dan menambah referensi kita bersama.