Panduan Cara Memasang Ring Piston 4 Tak untuk pemula

Rekan-rekan semua, seperti yang kita ketahui jumlah ring piston pada motor 4 tak berbeda dengan mesin jenis 2 tak. Pada piston motor 4 tak, terdapat 3 alur tempat kedudukan ring piston, dimana dalam pemasangan nya tidak boleh sembarangan. Untuk lebih jelasnya, kita bahas lebih dalam panduan cara memasang ring piston 4 tak untuk pemula agar sesuai aturannya.

Yang harus kita tahu terlebih dahulu, 3 alur yang terdapat pada piston terdiri dari alur untuk ring kompresi satu, ring kompresi dua dan ring oli. Dimana fungsinya juga berbeda-beda, ring kompresi satu berfungsi untuk menciptakan kompresi, ring kompresi dua berfungsi membantu ring kompresi satu sementara ring oli berfungsi untuk mencegah agar oli tidak menyusup ke ruang bakar.


Ring oli terdiri dari dua buah ring tipis dan sebuah spacer yang bentuknya bergelombang. Ring oli dipasang pada alur ketiga atau paling bawah jika kita hitung dari kepala piston. Urutan pemasangan boleh dimulai dari memasang ring oli kemudian dilanjutkan dengan ring kompresi dua, lalu diakhiri dengan ring kompresi satu.

Sedikit catatan, kedua ring kompresi memiliki ketebalan yang berbeda. Ring kompresi dua lebih tebal dari ring kompresi satu. Untuk memudahkan saat membedakannya, jika ring kompresi dua dimasukkan ke alur pertama pada piston maka akan terasa seret. Seharusnya kedua ring kompresi akan terasa longgar setelah terpasang pada alurnya masing-masing.
Jika rekan-rekan perhatikan pada ujung ring piston tertera huruf dan angka. Dalam pemasangan nya, sisi ini dipasang menghadap keatas jika dilihat dari kepala piston. Dan yang tak kalah penting, pertemuan ujung ring piston setelah terpasang pada alurnya masing-masing, hendaknya tidak segaris atau sejajar antara ring kompresi satu, ring kompresi dua mau pun ring oli.

Sekian dulu rekan-rekan MotorExpose, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama dalam cara memasang ring piston 4 tak. Pada lain kesempatan akan kita bahas untuk ring piston motor 2 tak yang memiliki cara pemasang yang sedikit berbeda. Jangan lupa...ikuti terus, kita akan membahas lebih banyak tentang seluk beluk sepeda motor, tidak sebatas airbrush dan modifikasi saja.