Mesin Yamaha Vega R dengan rangka Jupiter Z

Rekan-rekan MotorExpose, trik akal-akalan lantaran keadaan berikut ini bukan untuk ditiru mau pun diaplikasikan harian. Menaikkan mesin Yamaha Vega R di rangka Jupiter Z jelas menyalahi aturan, karena nomor mesin yang terdapat pada crank case menjadi berbeda dengan yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Semua ini dilakukan untuk sementara waktu, karena mesin jupiter Z sedang dibongkar untuk perbaikan, sementara Vega R sedang pengecatan rangka. Dari pada tidak jalan sama sekali, mesin Vega R yang tidak komplit dengan blok dan kepala silinder nya terpaksa digabungkan dengan sebagian part Jupiter Z.


Kedudukan gantungan mesin Vega R sama persis dengan Jupiter Z, mesin dipasang sempurna tanpa ada kendala. Hanya saja saluran pernafasan sempat menghalangi pada saat mesin dinaikkan sehingga dengan sedikit mengubah arah nya, mesin pun terpasang dengan baik.

Mesin Vega R yang tidak lengkap dipasangi piston set, blok silinder dan kepala silinder milik Jupiter Z. Tidak ada kendala saat pemasangan, hanya saja gigi kem Jupiter Z yang berjumlah 30 mata harus diganti dengan milik Vega R yang berjumlah 28 mata.


Lanjut ke pengapian yang menggunakan bak magnet Vega R lengkap dengan spull nya, CDI Jupiter Z dan kabel body terpaksa harus nganggur dan digantikan CDI Vega R tanpa kabel body karena sudah diringkas lantaran api dari spull langsung menuju CDI dan diteruskan ke koil. Sekarang semua nya sudah komplit dan setelah disetting mesin pun nyala dengan baik, bahkan putaran mesin pun terasa lebih baik lantaran CDI Vega R tidak dibatasi limiter.

Alhasil, Jupiter Z dengan mesin Vega R tetap memiliki kapasitas 110 karena menggunakan blok silinder Jupiter Z. Sementara waktu bisa dipakai sampai proses perbaikan mesin Jupiter Z selesai. Tapi perlu diingat rekan-rekan, bahwa cara ini tidak sesuai dengan aturan dan tidak untuk diterapkan sehari-hari.