Piaggio Zip pamer kekuatan terhadap Toyota Corolla DX

Berawal dari debat asal usul Piaggio Zip warna merah milik rekan sendiri, si empunya motor ngotot bilang motor matic nya buatan Italy dengan standar eropa. Lantaran usil saya pun terus menyanggah bahwa motornya buatan Vietnam bukannya Italy. Tentu saja penuturan saya tidak diterimanya begitu saja jika tidak ada bukti, lalu sambil menunjukkan stiker yang tertera dibagian belakang motor akhirnya dia terima bahwa motornya memang buatan Vietnam.


Lantaran dia sudah terima dan mengakui bahwa selama ini dia memang tidak pernah memikirkan asal usul tunggangan nya, akhirnya debat pun tuntas dan dilanjutkan dengan agenda merontokkan cat Toyota Corolla DX yang rencananya akan di cat ulang. Kondisi mobil yang sudah lama tidak jalan membuat aki / accu menjadi tekor dan tidak bisa starter.

Nah, disitulah kesempatan Piaggio Zip pamer kekuatan terhadap Toyota Corolla DX. Pada awalnya saya sempat bingung karena rekan kita yang satu ini bukan mendorong mobil agar bisa nyala atau menggunakan aki mobil nya yang parkir bersebelahan dengan Toyota Corolla DX.
Masih bengong dengan apa yang akan dilakukannya, saya pun menyimak saat jok Zip dibuka dan aki nya dilepas. Ups..apa benar dia akan menggunakan aki motor yang biasanya untuk menyalakan mesin berkapasitas kecil untuk membuat mesin mobil ini bisa nyala? begitu yang terlintas dibenak saya saat itu.

Ternyata memang benar, rekan-rekan semua. Battery asli Piaggio Zip dilepas dan menggantikan aki mobil yang sudah soak. Sangsi dengan kemampuan aki motor bisa menyalakan mesin mobil dengan kapasitas diatas 1.000 cc, saya pun enggan bertanya meski merasa heran lantaran kurang masuk akal.
Tanpa memparalelkan dengan aki mobil, aki asli bawaan motor dipasang selayaknya aki untuk mobil. Ide ini sepertinya kurang logis dan tidak akan membuahkan hasil. Tapi dia pun menyalakan mesin mobil dengan mengandalkan satu batery motor dalam sekali starter.

Sebelum aki dilepas, saya kembali memperhatikan aki yang menyalakan mesin Corolla DX. Sambil tersenyum-senyum lantaran kagum karena selama ini belum pernah terpikir untuk mencoba hal seperti ini lantaran beranggapan cara ini tidak akan berhasil untuk menyalakan mesin mobil.
Ternyata tidak seperti yang diduga, meski ukuran aki motor yang jauh lebih kecil dibandingkan aki mobil, tapi bisa untuk membuat mesin Toyota Corolla DX nyala dengan mudah. Sambil senyum-senyum mengejek, dia pun menyombongkan kembali Piaggio Zip merah yang berhasil pamer kekuatan aki yang bisa menyalakan mesin mobil. 

Sedikit catatan yang bisa saya ambil dari pengalaman ini yaitu: "kenyataan tidak selalu seperti yang kita sangka", rekan-rekan semua. Sesuatu yang sepertinya mustahil belum tentu akan seperti itu jika belum dicoba. Sekian dulu rekan-rekan, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi untuk kita bersama.