Saat yang tepat untuk mendempul tangki motor

Rekan-rekan MotorExpose, salah satu tahap dalam proses pengecatan tangki motor agar kembali cantik yaitu tahap mendempul tangki. Langkah yang berbeda bisa saja dilakukan dimana hasil yang bagus adalah tujuan akhirnya.

Berbagi pengalaman kali ini, kita bahas tentang saat yang tepat untuk mendempul tangki motor. Agar tidak salah arti, yang akan kita bicarakan adalah pemilihan waktu mendempul. Berdasarkan kebiasaan di bengkel, saya mendempul tangki setelah dilapisi dengan epoxy filler. Tapi sebelumnya perbaiki dulu jika terdapat bagian yang keropos mau pun penyok.

Hal ini saya lakukan bukan tanpa alasan, tangki yang sudah diamplas tidak langsung di dempul tapi diberi lapisan epoxy filler terlebih dahulu agar bagian yang butuh di dempul bisa terlihat lebih jelas. Setelah lapisan epoxy kering sempurna, tahap mendempul bisa dilakukan.


Dempul yang sudah kering sempurna dirapikan dengan amplas, jika hasil yang didapat belum memuaskan maka ulangi mendempul bagian yang kurang rapi tersebut. Pada saat mendempul sebaiknya diberikan tipis-tipis agar tidak kesulitan mengamplas nya.

Saya memilih cara basah pada saat mengamplas agar debu dempul tidak berterbangan. Kertas amplas yang digunakan disesuaikan ukurannya. Akan lebih mudah jika dibantu dengan sandal jepit bekas yang ditempelkan ke kertas amplas.

Setelah rapi, lapisi kembali seluruh tangki dengan epoxi filler, tapi jika ingin melapisi bagian yang terkena dempul saja juga bisa. Jika memaksa untuk lanjut ke tahap pengecatan tanpa menutup kembali dengan epoxy filler, biasanya akan terjadi kegagalan lantaran bagian yang didempul akan terlihat berbeda. Disitu epoxy filler memainkan perannya untuk memberikan dasar yang baik untuk hasil pengecatan yang bagus.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat dan bisa sukses melakoni pengecatan tangki motor dengan hasil yang memuaskan.