Kerusakan CDI Suzuki Satria 120R dan Cara Mendeteksinya

Rekan-rekan semua, usia pemakaian yang sudah lebih diatas 10 tahun wajar saja beberapa part sepeda motor mengalami aus dan rusak. Begitu juga dengan komponen kelistrikan yang dialami Suzuki Satria 120R dimana kerusakan CDI membuat hidup motor bermasalah. Sesi kali ini, yuk kita bahas gejala kerusakan CDI Satria 120R dan cara mendeteksinya.

Kronologisnya, rekan kita nyaris dibikin pusing lantaran motornya bisa hidup dengan lancar tapi saat grip gas dipelintir, mesin motor langsung mati. Saat diengkol, mesin langsung nyala lagi dengan langsam yang baik tapi tidak bertahan lama dan kembali mati.


Pada awalnya gejala kerusakan mirip dengan persoalan yang timbulkan jika spuyer tersumbat. Langkah pertama yang dituju yaitu mencopot karburator dan membersihkan komponen pendukungnya. Alhasil semua dalam keadaan baik, lalu karburator kembali dipasang namun gejala yang sama masih saja terjadi.

Pemeriksaan dilanjutkan dengan melepas busi dari kedudukannya untuk pengecekan kompresi dan percikan bunga api yang dihasilkan busi. Hasilnya kompresi dalam keadaan baik dan busi masih memercikkan bunga api. Inisiatif untuk mengganti dengan busi baru pun dilakukan tapi hasilnya pun tetap sama.

Untuk memudahkan mendeteksi kerusakan, saling silang komponen dengan motor sejenis yang dalam kondisi bagus dilakukan. Komponen kelistrikan diganti secara bertahap untuk menemukan sumber masalah. Setelah busi diganti, dilanjutkan dengan mengganti koil yang menyuplai api ke busi. Tetapi kondisi mesin nyala dengan mudah dan tiba-tiba mati masih saja terjadi.

Selanjutnya giliran CDI yang ditukar, begitu diengkol mesin pun hidup dengan mudah dan saat grip gas dipelintir sampai penuh mesin pun teriak dengan lantang tanpa masalah. Sekarang sudah bisa diprediksi bahwa penyebabnya adalah CDI, lalu untuk memastikannya maka Koil dan busi bawaan motor kembali dipasang. Ternyata mesin Suzuki Satria 120R hidup dengan baik dengan kepastian bahwa memang CDI yang menjadi penyebab persoalan.

Solusinya tentu saja dengan mengganti CDI yang rusak dengan yang baru karena CDI yang dipinjamkan untuk mendeteksi kerusakan harus dikembalikan lagi kepada pemiliknya. Sedikit catatan kecil, mendeteksi kerusakan pada CDI Suzuki Satria 120R dengan cara saling tukar komponen berurutan seperti yang sudah kita ulas merupakan cara sederhana yang juga bisa diterapkan pada motor lainnya.

Sekian rekan-rekan semua, semoga bermanfaat dan bisa kita jadikan referensi bersama sekiranya menemukan gejala kerusakan yang sama. Sehingga memudahkan kita dalam mendeteksi dan mengatasinya secara sederhana.