Saringan udara motor jenis kertas sebaiknya tidak dibersihkan

Rekan-rekan semua, datang ke bengkel dengan tujuan hendak membersihkan air filter yang lebih dikenal dengan istilah saringan udara, rekan kita yang satu ini dengan gesit membuka tutup kotak saringan udara Yamaha Mio nya. Kebiasaan lama yang masih diterapkan dalam menjaga kondisi motor agar tetap fit, tapi belum tentu memberi kebaikan malah sebaliknya menjadi pemicu kerusakan.

Jenis saringan udara jenis kertas sering kali dibersihkan dengan angin bertekanan tinggi dari air compressor. Aktivitas membersihkan kisi-kisi saringan dari debu yang menempel pada dasarnya ingin mengembalikan kondisi saringan udara agar bersih dan bisa berfungsi dengan baik. Tapi benarkah demikian hasilnya?


Jika kita membaca stiker kecil yang terdapat pada kotak saringan udara Yamaha Mio, peringatan untuk tidak membuka saringan kecuali untuk penggantian seharusnya bisa menjadi acuan kita. Stiker kecil yang juga disediakan dalam kemasan saringan udara baru, dengan jelas menganjurkan untuk tetap memasang dan tidak membersihkan saringan udara karena akan mengganggu kinerja mesin.

Membersihkan saringan udara dari debu yang menempel, bisa berakibat rusaknya element kertas yang berujung debu lebih leluasa masuk ke karburator. Nafas mesin menjadi lebih plong dibandingkan sebelum dibersihkan. Ya, memang tenaga mesin menjadi baik kembali karena asupan udara sudah bisa masuk dengan lancar lantaran terdapat sobek nya kertas saringan. Tapi ini lah pemicu persoalan baru seperti seretnya diafragma / membran pada karburator jenis vakum disebabkan debu dengan bebas bisa terisap.

Berbeda dengan saringan udara yang terbuat dari busa, untuk membersihkan nya bisa dicuci dengan bensin. Setelah dikeringkan dengan bantuan angin bertekanan dari air compressor, busa ditetesi sedikit oli untuk membantu fungsinya dalam menangkap debu agar udara yang terisap ke karburator benar-benar bersih.

Namun hal ini tidak berlaku untuk jenis saringan udara dengan element kertas. Jika terpaksa untuk membersihkan nya lantaran belum ingin mengganti, ada sedikit trik agar debu bisa berkurang tanpa merusak saringan kertas. Caranya dengan meniup dengan angin bertekanan tinggi dari dari belakang saringan, jika dari depan maka debu akan semakin masuk kedalam kisi-kisi.

Tapi hanya untuk sementara, saringan udara yang termasuk komponen fast moving tentunya butuh diganti berkala dan tidak dianjurkan untuk dibersihkan. Sama hal nya dengan saringan oli yang terbuat dari element kertas, penggantian berkala dilakukan setelah beberapa kali ganti oli mesin.