Strategi Untuk Memenangkan Kontes Modifikasi Sepeda Motor

Rekan-rekan semua, pada dasarnya selera setiap orang berbeda-beda dalam memodifikasi motornya dan itu sah-sah saja. Mengikuti ide masing-masing dan tidak peduli penilai orang lain juga tidak masalah, karena targetnya untuk mencapai kepuasan batin dalam memberikan perubahan untuk upgrade penampilan motor sendiri. Namun dalam strategi untuk memenangkan kontes modifikasi sepeda motor, hal itu tidak bisa diterapkan lagi.

Meski pun target mengikuti sebuah kontes modifikasi motor tidak mengharapkan juara, bukan berarti kita bisa melakukan perubahan semaunya. Karena ada regulasi kontes motor sebagai acuan aturan main yang harus dipenuhi. Lalu apa strategi jitu agar bisa menang kontes?


Sebenarnya cukup sederhana, strateginya yaitu berusaha untuk mendapatkan kertas regulasi kontes yang akan diadakan, lalu mempersiapkan motor sesuai dengan aturan main. Hanya itu? tentu saja tidak, rekan-rekan. Banyak faktor yang menentukan agar bisa dinobatkan menjadi pemenang. Tapi yang terpenting regulasi kontes yang biasanya diberikan dalam bentuk kertas oleh panitia, hendaknya didapatkan terlebih dahulu sebelum membangun motor kontes dan dibaca secara seksama.

Biasanya jadwal kontes akan disebarkan oleh panitia jauh-jauh hari sebelum tanggal main. Jadi persiapan bisa dilakukan oleh kontestan yang akan mengikuti kontes. Sayangnya tidak semua peserta mau berusaha untuk mendapatkan kertas regulasi kontes modifikasi yang akan diikuti. Alhasil, beberapa point yang harusnya tidak dilanggar, terpaksa terjadi karena sudah mepet waktu dan tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki.

Apa bila motor sudah selesai digarap sesuai dengan regulasi menurut class yang diikuti, maka peluang menang akan lebih besar dari pada membangun motor kontes tanpa tahu regulasi. Dan sedikit catatan dari pengalaman, meski belum pernah dinobatkan menjadi yang terbaik, mengetahui siapa juri yang akan menilai dan berusaha membuat hasil modifikasi yang diperkirakan mantap menurutnya, mungkin akan lebih membuka peluang untuk menang.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat. Jangan lupa strateginya dan jaga kekompakan selama proses memodifikasi motor. "Menggarap satu unit motor secara bersama-sama akan terasa lebih seru dari pada mengerjakan motor sendirian. Menang mau pun kalah, dijamin tetap seru". Tapi kalau merakit motor sendirian, menang sekalipun tetap bakal sedih karena tidak ada rekan untuk berbagi saat pengumuman pemenang, hehe.. :)