Syarat Kedua agar mesin motor bisa hidup dengan baik

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, rekan-rekan semua. Adanya kompresi menjadi syarat kedua agar mesin motor bisa hidup dengan baik. Campuran udara dan bahan bakar yang sudah masuk kedalam ruang bakar dikompresikan dan api busi memercikkan bunga api tegangan tinggi sehingga menghasilkan energi panas yang dirubah menjadi energi gerak, dimana ujung-ujungnya disalurkan sampai ke roda belakang.

Tidak adanya kompresi membuat mesin motor tidak bisa nyala sama sekali. Hilangnya kompresi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti patahnya ring piston, piston berlubang dan untuk mesin jenis 4 tak, klep yang tidak menutup sempurna baik karena terganjal kerak mau pun bengkok bahkan patah. Lalu bagaimana cara memastikan ada dan tidak nya kompresi ?


Cara paling sederhana untuk memastikan ada kompresi yaitu dengan melepas busi dari kedudukan nya dan menutup lubang dengan jari lalu slah/engkol dengan menggunakan kick starter, jika terjadi tekanan yang kuat artinya kompresi dalam keadaan yang baik.

Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat melakukan pengecekan kompresi dengan cara seperti ini. Pastikan kunci kontak dalam keadaan off atau mati agar tidak terkena sentrum dari api yang dihasilkan koil karena yang di deteksi hanyalah ada tidak nya kompresi, bukan pengapian.

Adanya bahan bakar dan kompresi apakah sudah bisa membuat mesin motor hidup dengan baik? Tentu saja belum, rekan-rekan semua. Masih ada satu syarat lagi yang harus dipenuhi dan akan kita bahas pada kesempatan berikutnya.

Setidaknya untuk saat ini kita sama-sama sudah memiliki sedikit referensi yang akan menuntun dalam mengatasi persoalan sederhana sekiranya mengalami kejadian mesin motor yang tidak bisa hidup.