Syarat ketiga agar mesin motor bisa hidup dengan baik

Rekan-rekan semua, setelah adanya bahan bakar dan kompresi maka syarat ketiga agar mesin motor bisa hidup dengan baik yaitu pengapian. Arus listrik tegangan tinggi yang dihasilkan dari generator yang terdiri dari spull dan magnet dikelola sedemikian rupa oleh komponen kelistrikan motor lainnya, seperti kabel body, CDI, Koil, dimana muaranya pada busi yang memercikkan bunga api tegangan tinggi.

Tidak adanya pengapian membuat mesin motor tidak bisa hidup sama sekali. Kejadian umum yang sering ditemui dalam keseharian yaitu hilangnya api karena busi sudah mati sehingga percikan bunga api teganggan tinggi yang dibutuhkan untuk pembakaran saat bahan bakar dikompresi tidak ada, ujung-ujungnya mesin motor tidak mau nyala.


Kurang paham nya pemilik motor dengan cara kerja kelistrikan pada sepeda motor, membuat nya bingung untuk mendeteksi penyebab motor tidak bisa hidup yang disebabkan oleh pengapian. Asumsi masih adanya pengapian kadang dikaitkan dengan motor yang masih bisa distarter dan kondisi bunyi klakson yang masih nyaring lantaran aki masih dalam keadaan prima dan kuat.

Hal ini dipicu oleh pendapat adanya motor yang tergantung dengan aki dan ada yang tidak. Kekeliruan ini besar kemungkinan karena tidak memahami jenis sepeda motor dengan sistem kelistrikan AC atau DC. Pengapian motor dengan sistem DC, dimana arus listrik yang dibutuhkan CDI murni sebesar 12 Volt dari aki, bukan berarti mesin motor bisa nyala jika kondisi aki bagus. Jika busi sudah mati arus listrik yang dikeluarkan CDI menuju koil dan diteruskan ke busi tetap tidak akan menghasilkan percikan bunga api tegangan tinggi.

Langkah-langkah untuk memastikan adanya pengapian yang tersalur sampai ke busi yaitu dengan melepas busi dari kedudukannya kemudian dipasang kembali ke kop/kepala busi. Selanjutnya pengetesan dilakukan dengan menempelkan badan busi ke massa body, gampangnya tempelkan saja ke kepala silinder. Sembari di slah/ diengkol mau pun dengan memencet tombol starter, pastikan busi memercikkan bungan api tapi pastikan kunci kontak dalam kondisi ON saat pengetesan.

Jika tidak terdapat percikkan bunga api, cobalah untuk mengganti busi. Jika setelah diganti dengan busi baru, bunga api langsung ada, maka bisa dipastikan busi lama sudah mati. Tapi jika tetap tidak ada api, maka dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, namun untuk cara mendeteksi hilangnya pengapian pada sepeda motor akan kita bahas nanti pada lain kesempatan.

Sedikit catatan yang penting untuk kita bersama, cara mendeteksi api busi yang sudah kita bahas diatas hanya berlaku untuk motor dengan sistem pengabutan yang masih menggunakan karburator. Untuk motor yang sudah injeksi, ada sedikit perbedaan dimana lobang kedudukan busi sebaiknya ditutup kembali dengan busi lain yang sejenis selama pengetesan agar aman.

Sekian dulu rekan-rekan semua, dengan mengetahui sekilas 3 syarat agar mesin motor bisa hidup dengan baik setidaknya kita sudah memiliki sedikit dasar untuk dijadikan panduan mengatasi mesin motor tidak bisa hidup/nyala saat ditemui nantinya.