Airbrush Minimalis Yamaha Mio Sporty Orange Putih

Rekan-rekan semua...melengkapi koleksi foto dan gambar airbrush hasil pengecatan yang pernah dilakukan di bengkel sendiri, airbrush minimalis Yamaha Mio  Sporty orange putih milik Dea yang masih tetangga dekat rumah digarap cepat dengan motif simpel. Pengecatan velg dengan warna orange dilakukan untuk mengimbangi kombinasi warna pada body cover.

Pengecatan dilakukan hampir pada seluruh body cover kecuali pada bagian lantai dengan pertimbangan cat akan mudah rusak karena sering diinjak karena motor akan digunakan untuk harian. Perihal bahan yang digunakan, Yamaha Mio Sporty Dea hanya menggunakan cat NC orange metalik dipadukan dengan putih mutiara.


Tahap pengecatan lebih cepat karena body yang sudah dilepas bisa langsung diamplas seperlunya lantaran belum pernah di cat ulang. Hanya beberapa bagian perlu perbaikan karena pecah dan gores akibat pernah jatuh. Sedikit dempul sudah bisa membuat body motor yang lecet kembali rata dan mulus.

Body yang sudah dilapisi dengan epoxy filler diberi lapisan cat putih solid terlebih dahulu karena cat putih mutiara tidak bisa menutup dengan baik diatas epoxy filler yang berwarna abu-abu. Setelah cat putih kering sempurna, lapisan cat mutiara putih diberikan satu lapisan tipis agar hasilnya putih bersih dan tidak kusam.

Setelah itu beberapa potongan isolasi kertas ditempelkan dengan pola acak tapi masih tetap memperhatikan keseimbangan antara sisi kiri dan kanan motor. Kemudian cat orange metalik disemprotkan dengan tidak merata dan hanya menutup bagian tertentu yang ditarget saja. Hasilnya batasan antara warna orange dengan putih mutiara terlihat tidak jelas atau berangsur menipis.

Sedikit catatan, bagi rekan-rekan yang berminat untuk mengecat sendiri dengan bahan cat mutiara yang kwalitasnya sedang, sebaiknya jangan terlalu tebal dalam memberi lapisannya karena efek mutiara yang diharapkan bukannya semakin menambah cantik tapi malah membuat warna putih mutiara yang dihasilkan menjadi kusam.

Selesai? tentu saja belum rekan-rekan...semua bagian yang dicat tentu saja dilapisi dengan clear coat guna hasil kilap yang lebih baik dan tahan gores. Dan baru dipasang pada motor setelah kering sempurna agar tidak  meninggalkan bekas saat dipegang sewaktu pemasangan.