Alasan mengganti plastik handgrip gas sepeda motor

Rekan-rekan... salah satu part sepeda motor yang tergolong jarang rusak yaitu plastik handgrip gas. Alasan menggantinya paling sering karena patah pada pengait tali gas yang terdapat pada pangkal selongsong. Meski bukan komponen yang sering diganti, tidak ada salahnya kita bahas sekilas tentang part yang berhubungan dengan kendali masuknya bahan bakar pada sepeda motor.

Mengenai ukurannya, plastik handgrip tidak sama untuk seluruh tipe kendaraan. Meski satu pabrikan sekalipun belum tentu bisa saling tukar. Jadi saat mengganti sebaiknya pastikan dimensi nya sama persis agar tidak terjadi persoalan setelah diganti.



Alasan lain untuk mengganti plastik handgrip gas ini, bisa diterapkan apa bila ingin mengganti handgrip atau grip gas variasi untuk mempercantik tampilan sepeda motor. Bagi yang sudah sulit untuk membuka grip gas lama, bisa disobek dengan cutter dengan catatan handgrip lama tidak bisa digunakan lagi.

Tapi untuk motor yang masih baru dan malas susah-susah untuk membuka grip gas dari selongsong plastik handgrip, pilihannya bisa dengan mengganti langsung dengan plastik berikut grip gas variasi yang sudah dibeli. Tidakk repot dan handgrip standar bisa digunakan lagi suatu saat nanti tanpa resiko melar lantaran susah dibuka dulunya.

Trik agar mudah memasang handgrip baru terhadap plastik nya, sebaiknya gunakan sabun colek untuk melancarkan. Kelebihan cara ini, sabun colek akan mengering dan tidak berisiko slip setelah terpasang. Akan berbeda dampaknya jika menggunakan oli sebagai pembantu dalam pemasangan, handgrip rawan slip saat grip gas dipelintir.

Berkenaan dengan harga, plastik handgrip yang tersedia dipasaran relatif tidak mahal dan terjangkau. Sedikit catatan, dimensi untuk plastik handgrip asli bawaan motor tidak bisa saling-silang dengan part kompetisi. Dimana untuk plastik asli ukuran lingkaran pengait lebih kecil dibandingkan barang racing. Jadi tidak akan bisa terpasang kecuali mengganti rumah sakelar nya juga.