Cara Setel Angin Karburator Motor

Rekan-rekan...melengkapi pembahasan kita tentang sepeda motor, tidak ada salahnya jika mengupas kembali jenis karburator lawas yang menjadi pengabut bahan bakar sepeda motor. Kali ini tentang cara setel angin karburator motor agar tidak terjadi kekeliruan saat ingin melakukan setting sendiri.

Mengatur perbandingan udara dengan bahan bakar, nantinya akan mempengaruhi terhadap performa dan tenaga yang akan dikeluarkan mesin. Dimana perbandingan kaya diartikan dengan banyaknya bahan bakar dan perbandingan miskin diartikan dengan kurangnya bahan bakar.

Tujuan dari menyetel karburator tentunya untuk mendapatkan perbandingan yang ideal antara bahan bakar dan udara agar terjadi pembakaran  yang sempurna. Ujung-ujungnya mesin bekerja dengan baik dan tenaga yang dihasilkan pun sesuai dengan yang seharusnya.

Agar tidak ribet, kita bahas bagian yang ditandai dengan lingkaran merah, dimana fungsinya untuk mengatur jumlah udara sementara yang ditandai dengan lingkaran kuning untuk mengatur langsam motor. Biasanya kesalahan terjadi lantaran tidak mengetahui dengan pasti fungsi dan cara kerjanya, sehingga ragu dalam melakukan penyetelan.

Untuk melakukan penyetelan dengan mudah, atur terlebih dahulu jumlah udara dengan memutar setelan searah jarum jam sampai mentok. Artinya udara terkunci dan sekarang saatnya untuk menentukan jumlah udara yang akan dibakar bersama bahan bakar. Putar kembali berlawanan arah jarum jam sebanyak 1 sampai 1,5 putaran. Kemudian nyalakan mesin dan atur setelan langsam dengan memutar setelan pada lingkaran kuning untuk mendapatkan stationer mesin yang diinginkan.

Apakah cara setel angin karburator motor seperti itu sudah baik dan benar? Tentu saja belum, tapi setidaknya sudah mendekati yang seharusnya dan lebih baik dari pada terbalik melakukan penyetelan. Sebab yang sering ditemui sehari-hari, bukannya setelan angin yang diatur tapi setelan langsam yang diutak-atik.