Dampak menurunkan sokbreaker depan motor

Rekan-rekan...guna mendapatkan posisi yang enak untuk dikendarai, tidak jarang kita sebagai pemilik motor menurunkan sokbreaker depan. Trik membuat motor lebih rendah atau ceper untuk harian seperti ini cukup mudah untuk diterapkan pada beberapa jenis motor, baik motor bebek, matik, atau sport. Tapi cara ini sebenarnya butuh dipertimbangkan lagi sebelum menerapkan nya agar tidak memberi dampak buruk terhadap sepeda motor mau pun kenyamanan berkendara.

Saking mudahnya untuk diterapkan, cukup dengan melonggarkan baut-baut pengunci dan menurunkan sokbreaker semua yang diinginkan itu sudah tercapai. Motor sudah sedikit lebih rendah dari sebelumnya, dampak yang ditimbulkan sekarang... tidak semua baut pengikat bisa terpasang seperti semula.

Padahal baut yang berperan sangat besar adalah baut yang paling atas, dimana terdapat alur kedudukan agar as sokbreaker tidak tertatahan. Tidak terpasangnya baut tersebut membuat kita harus mengunci baut yang tersisa dengan sekencang mungkin agar tidak mudah bergeser saat sudah dikendarai.

Alasan motor ketinggian biasanya menjadi alasan untuk melakukan perubahan seperti ini. Dan sebagian bertujuan sekedar untuk enak dilihat dan dinilai lebih keren. Boleh saja...tapi jangan lupa unsur keamanan dan kenyamanan. Terlalu rendah bisa membuat kinerja sokbreaker tidak baik bahkan mentok dengan spadboard depan, lebih parahnya lagi tabung sokbreaker bisa pecah saat terjadi benturan yang keras jika jarak yang diberikan terlalu rapat.

Keseimbangan antara sisi kiri dan kanan nantinya mempengaruhi terhadap rasa mengedarai motor. Sebaiknya diukur dengan teliti agar betul-betul seimbang serta tidak memberi dampak keausan ban yang tidak merata.
  
Nah...bagi yang suka utak-atik sepeda motor, biasanya akan segera bosan lalu mengembalikan lagi keposisi awal. Lantaran sebelumnya baut dikunci dengan sekuat tenaga, saat membuka kembali menjadi sulit bahkan kepala baut menjadi lecet. Meski berhasil membuka baut yang sudah lecet, sebaiknya jangan dipasang kembali dan ganti baut baru dengan yang berkwalitas agar tahan dan kuat. 

Sekian dulu rekan-rekan, semoga memberi masukan untuk dipertimbangkan sebelum melakukan perubahan sekecil apa pun pada sepeda motor kita. Yang paling utama, pikirkan unsur keamanan nya dan jangan lupa kenyamanan juga patut diperhitungkan.