Deteksi kampas cakram belakang agar tidak berakibat fatal

Rekan-rekan... beberapa saat yang lalu, seorang rekan yang sedang ngombrol seputar sepeda motor mengeluhkan kondisi rem belakang yang menimbulkan suara bergesek. Setelah dideteksi ternyata kampas rem belakang Honda Supra X 125 nya sudah aus, jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang maka akan berakibat fatal dengan terkikisnya piringan cakram.

Kampas rem belakang memang mudah terabaikan dibandingkan yang depan. Ketebalan kampas yang bisa dideteksi lewat ketinggian minyak rem, mudahnya hanya untuk kampas cakram rem depan sementara untuk bagian belakang jarang jadi sorotan. Ujung-ujung nya kampas tipis dan habis lalu besi kedudukan kampas langsung bergesekan dengan piringan cakram.



Akibat nya bisa membuat baret piringan cakram dan saat diganti dengan kampas baru akan tetap terasa kurang pakam. Mencegah agar jangan sampai terjadi, sebaiknya sempatkan diri untuk memeriksa sendiri kondisi kampas, jika sudah tipis segera lakukan penggantian.

Kembali ke rekan kita yang mengalami, akhirnya dia segera melakukan penggantian ke bengkel terdekat. Beberapa saat setelah penggantian dia kembali tapi dengan sedikit rasa tidak puas. Keluhannya kampas cakram yang asli tidak tersedia di bengkel tersebut, alternatifnya terpaksa menggunakan kampas cakram murah.

Kekecewaan rekan kita yang satu ini bukan lantaran kampas murah, tapi kampas yang dijadikan pengganti yaitu kampas cakram depan untuk spin 125. Nah, disini letak persoalannya. Rekan kita kurang paham dengan subsitusi antar suku cadang kendaraan bermotor. Kampas cakram yang sama bentuk dan dimensinya bisa diaplikasikan untuk motor yang beda pabrikan sekalipun.

Setelah dijelaskan, barulah rekan ini bisa menerima tapi masih saja belum puas dan tetap menginginkan suku cadang asli Honda untuk Supra X 125 nya. Seraya berkata, "meski jarang dicuci tapi kalo soal spare part, mahal sekali pun akan tetap diusahakan".

Boleh juga, karena pada dasarnya harga suku cadang asli Honda tidak mahal-mahal amat untuk spare part yang tergolong fast moving. Jika kita lihat di Parts Catalog harga nya memang tidak terlalu merogoh kantong.