Kemampuan mata dan lampu utama motor memainkan peran yang sama

Rekan-rekan... selamat selama mengendarai sepeda motor, tentu saja harapan setiap pengendara dalam menuju tempat tujuan. Tapi nasib buruk bisa saja menimpa meski sudah berhati-hati dan menahan diri. Terkadang beberapa faktor bisa menjadi penyebab pemicu terjadinya hal yang tidak diinginkan. Misalnya kemampuan mata dan lampu utama motor dimana memainkan peran yang sama pentingnya saat berkendara.

Kemampuan mata setiap orang tidak sama, respon mata melihat benda saat sedang menjalankan motor tentunya berbeda juga. Berdasarkan pengalaman pribadi dimana kesehatan mata sudah mulai menurun dan kurang mampu untuk melihat benda dengan jelas pada jarak tertentu, ternyata juga mempengaruhi terhadap keselamatan lantaran reflek turut berkurang.


Berawal saat berkendara tengah malam pada kecepatan 80 km/jam dengan mata yang sudah tidak sehebat saat masih muda, hehe... akhirnya tanpa disadari bangkai seekor binatang yang terbujur dijalan pun tak terelakkan. Roda depan melindas makhluk yang sudah tidak bernyawa dan membuat motor terjungkal pada kecepatan yang lumayan membuat tubuh merasakan kerasnya benturan ke aspal.

Padahal jalanan sedang sepi dan tidak ada yang menghalangi pandangan. Pemicu terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut, semata-mata lantaran kemampuan mata yang sudah menurun dan dipicu dengan penerangan dari lampu utama motor yang tidak baik.

Masih syukur masyarakat sekitar yang mendengar terjadinya suara keras akibat motor terjatuh, segera menghampiri dan memberi pertolongan meski sudah larut malam. Apes...tapi masih ada untungnya. Lantaran tidak mampu untuk mengendarai motor lagi, beberapa orang warga dengan sukarela mengantarkan sampai ke alamat dengan luka-luka di sekujur tubuh.

Ucapan ribuan terima kasih berkali-kali disampaikan kepada warga yang telah menolong dengan ikhlas. Jika tidak... dijamin sampai pagi bakal terkapar tidak berdaya karena kerasnya tercampak dari motor. Meski bukan kali pertama merasakan terjatuh dalam kecepatan yang lumayan membuat badan terasa remuk dan tanpa protektor satu pun termasuk helm karena merasa perjalanan malam bakal aman dari aturan lalu lintas. Ternyata faktor safety itu tidak hanya lantaran takut kepada penegak hukum, rekan-rekan... karena memang kebaikkan nya untuk diri sendiri juga.

Disamping itu, peran lampu utama yang sangat mendukung untuk menerangi jalan juga tidak kalah pentingnya. Dengan cahaya lampu utama yang kurang mumpuni menambah kurangnya kemampuan dalam merespon apa yang dilihat saat berkendara. Nah... bagi yang sudah terlanjur memberi sentuhan modifikasi pada lampu utama dan bisa mengurangi kinerja nya, silahkan dipertimbangkan lagi dari pada mengalami hal serupa dan berakhir dengan terancamnya keselamatan diri dalam berkendara.