Modifikasi Tangki RX King dicoak model bintang

Rekan-rekan semua...kreatifitas dalam memodifikasi tampilan motor sendiri memang tidak ada batasnya. Setiap orang punya gaya dan selera masing-masing, termasuk modifikasi tangki RX King yang dicoak model bintang oleh rekan yang mengorder pengecatan ke bengkel.

Meski tidak memiliki keahlian untuk melakukannya sendiri, rekan kita yang satu ini meminta bantuan jasa las dalam mencapai maksudnya. Cat tangki bukannya terlihat gosong tapi memang nyata gosongnya karena panas api las saat proses pengelasan.


Keuntungan mencoak tangki dengan model bintang seperti ini, kapasitas tangki tidak terlalu banyak berkurang sehingga masih bisa menampung bahan bakar dalam jumlah banyak. Beda halnya dengan mencoak yang membuat isi tangki yang hanya bisa diisi beberapa liter bahan bakar saja setelah dimodifikasi.

Beberapa hal yang perlu dilakukan setelah proses las-lasan selesai yaitu mendempul kembali bagian tangki yang tidak rata agar tampilan tangki kembali mulus dan rata. Dan ada juga yang memberikan lapisan epoxy filler dengan cara memasukkan nya kedalam tangki lalu digoncang agar rata menutupi bagian dalam tangki.

Lapisan epoxy didiamkan sampai kering sempurna sebelum dapat diisi dengan bahan bakar lagi. Tapi biasanya proses ini dilakukan sebelum melapisi epoxy filler dan pengecatan tangki motor yang dimodifikasi model coak.


Satu hal yang tidak boleh lupa sebelum memasukkan epoxy filler kedalam tangki, keran minyak harus dicopot terlebih dahulu agar saringan minyak tidak tertutup oleh epoxy yang bisa menghalangi bahan bakar mengalir nantinya.