Pemicu kerusakan rumah kunci kontak motor

 Rekan-rekan... sebagai biker yang sehari-hari selalu menggunakan sepeda motor untuk menunjang aktivitas, kunci kontak motor hampir tidak pernah absen dalam kantong bahkan dipegang kemana-mana. Menambahkan mainan kunci pada awalnya bertujuan untuk mempermudah saat merogoh saku atau mencari keberadaannya. Ternyata beberapa hal kecil dan dianggap sepele bisa menjadi pemicu kerusakan pada rumah kunci kontak motor.

Keausan pada rumah kunci kontak akan lebih cepat saat kita menambahkan beban yang berlebihan. Kejadian ini merupakan pengalaman sendiri dimana awalnya satu kunci ditambahkan sebagai ganti mainan kunci kontak, tapi lama-lama jumlahnya bertambah tanpa menyadari dampaknya untuk jangka panjang.


Akibatnya rumah kunci kontak menerima beban yang lebih berat dan mempercepat keausan. Apa lagi goncangan saat motor jalan membuat beban berayun-ayun dan berujung kunci kontak bisa lepas dengan sendirinya. Jika sudah aus, kunci kontak rawan lepas dan beresiko hilang saat berkendara.
Jika sudah terlanjur terjadi maka solusi paling simpel bisa diatasi dengan memberi tali pengikat agar kunci kontak tidak jatuh saat lepas. Tapi tetap saja sedikit repot dibandingkan kondisi normal dimana kunci tidak bisa ditarik keluar jika sudah posisi ON.

Masih untung jika yang aus hanya kunci kontaknya, masih ada kunci cadangan yang bisa dipakai. Tapi lantaran keausan terjadi pada rumahnya maka masalah jadi lebih rumit. Mengganti rumah kunci kontak, memang praktis dan bisa menyelesaikan masalah. Namun kunci lama terpaksa dipakai untuk membuka jok bagi beberapa tipe motor

Mencegah sejak dini ternyata lebih baik sebelum terjadi kerusakan pada rumah kunci kontak motor. Setidaknya...kunci motor tidak dicampur aduk dengan kunci rumah, kunci gembok gudang dan segala bentuk yang menambah beban berlebihan. Memberi mainan kecil untuk mempercantik dan memudahkan dalam mencari kunci kontak, mungkin lebih baik untuk diterapkan sejak dini.

Pengalaman ini juga memberi pelajaran berharga bagi pribadi sendiri, dimana nantinya tidak akan diulang sekiranya beli motor baru lagi, hehe... bercanda.