Rangka Yamaha F1ZR modifikasi Trail

Rekan-rekan... melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas Honda Mega Pro modifikasi trail dengan rangka dibuat ulang garapan Dira, sekarang kita kupas Yamaha F1ZR yang juga sudah dimodifikasi trail. Pengerjaan dilakukan oleh pemilik motor yang kebetulan datang ke bengkel untuk pengecatan rangka dan body cover.


Pada Honda Mega Pro sebelumnya, rangka asli tidak mendapatkan sentuhan malah digusur rangka baru yang dibuat sendiri. Beda dengan Yamaha F1ZR ini, rangka asli masih dipertahankan dan hanya dimodifikasi dibagian belakang serta menambahkan besi penyangga dibagian tengah dimana berfungsi sebagai penguat dan juga kedudukan tangki bahan bakar.

Konstruksi rangka standar kurang mumpuni untuk diajak lompat-lompatan, meski sudah mendapat tambahan penguat tapi jika tidak dengan perhitungan yang tepat maka hasilnya tidak memuaskan. Rangka mudah bengkok bahkan besi penyangga yang diharapkan memperkuat rangka malah patah.

Faktor kwalitas bahan memang menentukan tapi kurang tepat dalam memperhitungkan juga tidak kalah penting. Tapi sekedar untuk mengejar tampilan trail dengan ban pacul, target pemilik memang sudah tercapai.

Sektor kaki-kaki dengan mengganti sokbreaker depan dan mengaplikasikan monoshock dengan mengandalkan lengan ayun Suzuki Satria 120 sudah mumpuni untuk meningkatkan tampilan. Hanya saja kemiringan sock tunggal sepertinya butuh perhitungan matang agar motor tetap enak dikendarai apa lagi jika diajak bermain lumpur.