Arti tutup pentil berwarna hijau

Rekan-rekan... melengkapi pembahasan kita tentang seluk beluk sepeda motor bahkan sampai hal-hal kecil sekalipun, selagi masih berhubungan maka kita kupas untuk referensi bersama. Termasuk arti tutup pentil berwarna hijau yang bukan part variasi untuk mempercantik tampilan motor melainkan sebagai tanda yang memiliki maksud dan makna.


Alamak, sepertinya terlalu berlebihan jika tutup pentil saja digebar-gemborkan segitunya. Tapi memang benar rekan-rekan semua. Peristiwa yang menjadi pengalaman rekan kita setelah melakukan servis ringan, kondisi angin ban motor yang kurang membuat penyedia jasa servis mengambil inisiatif untuk menambahkan angin ban motor.

Syukur si empunya motor cepat tanggap dan menghampiri seraya memberi tahu bahwa angin ban motor nya diisi dengan Nitrogen, tandanya tutup pentil berwarna hijau sebagai ganti bawaan aslinya. Akhirnya penyedia jasa urung menambahkan angin ban motor setelah diberitahu oleh pemilik motornya.

Faktor tempat mungkin menjadi pengaruh hal ini bisa terjadi. Karena didaerah masih belum familiar untuk mengisi angin ban motor dengan Nitrogen, bahkan membuat penyedia jasa servis bisa lupa atau memang tidak tahu sama sekali. Jika dipikir-pikir semua ini hanyalah kejadian sepele tapi tentu saja memberi pengaruh terhadap kepuasaan konsumen, dimana kekecewaan pasti dirasakan pemilik motor jika penyedia jasa tadi sampai menambahkan angin dari kompresor biasa kedalam ban motor yang sudah berisi Nitrogen.

Memangnya kelebihan seperti apa jika ban motor diisi dengan Nitrogen? sekilas untuk referensi bersama, konon ban yang diisi dengan Nitrogen lebih ringan dan dan dingin, kepadatan molekulnya membuat pengisian lebih cepat dibandingkan mengisi dengan udara biasa, serta tahan lama dalam artian tekanan angin ban tidak mudah berkurang.

Penggunaan Nitrogen untuk mengisi ban sepeda motor tidak hanya sebatas ban tipe tubeless tapi juga diterapkan pada ban tipe tube yang menggunakan ban dalam. Tapi intinya pembahasan kita tetap sama, bahwa arti tutup pentil berwarna hijau menandakan bahwa ban diisi Nitrogen dan jangan dicampur dengan angin/udara dari kompresor biasa. Berkenaan dengan tarif untuk mengisi ban motor dengan Nitrogen, tentu saja berbeda.