Cara melepas dan memasang aki motor yang benar

Rekan-rekan... berbagi tips ringan seputar aki motor, kali ini berdasarkan pengamatan yang ditemukan dari kejadian sehari-hari dimana seorang rekan datang ke bengkel untuk meminjam perkakas bengkel dengan tujuan hendak melepas aki. Sempat memperhatikan cara melepas dan memasang aki motor yang dilakukannya, membuat keinginan untuk mengatakan cara yang benar dalam melepas aki motor itu seperti apa.

Memang nya ada aturan cara melepas aki motor? Jika peraturan yang ketat seperti aturan lalu lintas memang tidak, rekan-rekan... tapi kabel positif yang berwarna merah pada aki dan negatif dengan warna hitam, punya urutan dalam melepas dan memasang nya kembali.


Dalam melepas aki motor, sebaiknya lepas dulu kabel massa (-) yang berwarna hitam. Setelah itu lanjutkan dengan melepas kabel api (+) yang berwarna merah. Urutan yang baik dalam memasang aki kembali, adalah kebalikannya dimana kabel postif dulu yang dipasang kemudian dilanjutkan dengan kabel massa nya.

Urutan melepas aki motor seperti itu juga berlaku pada mobil, bahkan lebih terasa gunanya lantaran aki mobil memiliki arus yang lebih besar. Urutan yang benar akan mencegah percikan bunga api dan tentunya lebih aman dari hal-hal yang tidak diingankan dan bisa menjaga umur pakai aki.

Kapan harus melepas aki motor?

Sedikit catatan yang masih berhubungan dengan melepas aki motor, saat hendak melakukan pengelasan pada motor yang menggunakan las listrik sebaiknya kabel aki dilepas terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan aki motor. Namun jika untuk pengelasan yang tidak memakai waktu lama, tidak perlu melepas aki motor. Cukup dengan menyalakan mesin, pengelasan bisa dilakukan tanpa memberi dampak pada aki motor.