Cara mengatasi clear coat meleleh

Rekan-rekan... dalam mencapai hasil akhir pengecatan motor yang lebih mengkilap dan tahan lama, memberi lapisan clear coat sangat dianjurkan dan memang ampuh untuk mencapai kepuasan akan hasil pengecatan. Namun kejadian yang tidak diinginkan bisa saja ditemui seperti lapisan clear coat meleleh, tapi jangan khawatir karena kita masih bisa mengatasinya dan tetap mendapatkan hasil yang maksimal.


Ada baiknya kita bahas dulu hal-hal yang menyebabkan lapisan clear coat bisa sampai meleleh, sehingga kita bisa mencegah atau meminimalkan nya. Salah satunya yaitu tergesa-gesa dalam menyelesaikan pengerjaan sehingga lapisan menjadi menumpuk dan meleleh sebelum kering.

Pencegahan nya bisa dengan melatih kesabaran dengan untuk menunggu agar lapisan clear coat mulai mengering sebelum melapisi nya lagi. Sedikit catatan, beberapa lapisan tipis akan memberikan hasil yang lebih baik dari satu kali lapisan yang tebal dan beresiko meleleh.

Penyebab lainnya yaitu menggunakan clear coat dengan spek berbeda dari yang biasa digunakan. Beberapa merk clear coat memiliki kekentalan yang berbeda dan terkadang dalam mencapai perbandingan ideal antara thinner pengencer dengan clear coat butuh mempelajari lagi untuk pertama kalinya. Clear coat tipe tertentu memiliki komposisi yang berbeda dalam pengenceran nya, kemungkinan membuat komposisi yang terlalu encer bisa terjadi dan berujung dengan meleleh begitu lapisan clear coat diberikan dengan cara yang sama.

Berikut kita bahas cara mengatasi clear coat meleleh jika sudah terlanjur mendapati hasil yang tidak diinginkan tersebut. Pertama, kenali dulu sebabnya. Jika komposisi yang terlalu encer (kelebihan dalam memberi thinner), maka tambahkan lagi clear coat dan harderner nya agar mendapat komposisi yang tepat. Lalu lanjutkan proses melapisi clear coat sebagaimana mestinya lalu dikeringkan.

Jika ingin memberi beberapa lapisan clear coat, maka lanjutkan saja seperti biasa. Apa bila sudah selesai maka keringkan lapisan clear coat sampai kering sempurna. Tahap selanjutnya adalah membuat permukaan meleleh menjadi rata. Sebaiknya lakukan setelah beberapa hari sejak lapisan clear coat kering sempurna. Setidaknya beri waktu selama tiga hari untuk lanjut ke tahap polish untuk meratakan bagian yang meleleh.

Amplas bagian clear coat yang meleleh menggunakan kertas amplas ukuran 1000 atau 1500 dengan bantuan air. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak mengikis terlalu banyak lapisan clear coat dibagian lainnya. Setelah bagian yang meleleh menjadi rata maka akan terdapat bagian yang buram lantaran terkikis. Agar kembali mengkilap, gosok dengan rubbing compound menggunakan kain yang halus. Untuk menjaga agar kilap cat tahan lama, kita bisa menggunakan pengkilap cat motor atau mobil sebagaimana memberi perawatan cat kendaraan pada umumnya.