Dampak memotong pegas pembalik botolan skep karburator sepeda motor

Rekan-rekan... lain padang lain belalang, beda bengkel berbeda juga ilmu yang ditarapkan nya dalam melakukan perbaikan dan memberikan layanan servis kepada pelanggan nya. Termasuk memotong pegas pembalik yang terdapat pada botolan skep karburator dimana tujuan yang ingin didapat yaitu membuat grip gas sepeda motor terasa ringan saat selongsong dipelintir. Tapi apakah cara ini tidak memberi dampak pada komponen yang mengatur masuknya bahan bakar ini?


Kejadian yang dialami konsumen di bengkel, menjadi suatu hal baru dan patut untuk dipertimbangkan karena bisa saja berdampak besar. Kronologis nya, seorang bapak dengan motor Vega R datang dengan keluhan putaran mesin motornya susah turun. Saat mesin dinyalakan lalu grip gas dipelintir sampai mentok, tiba-tiba tali gas putus dan mesin terus menjerit di putaran tinggi.

Sempat kagok lantaran ingin mematikan mesin ternyata kunci kontak berada dalam saku si empunya motor. Alamak, komplit sekali persoalannya rekan-rekan. Rumah kontak yang sudah rusak membuat pemilik motor mencabut kunci kontak dan menaruhnya didalam saku setiap kali akan menyalakan mesin motor. Alhasil dengan separuh panik kunci motor pun ditemukan dan digunakan untuk mematikan mesin. Untuk masalah rumah kunci kontak rusak, pengalaman pribadi dalam mengatasinya silahkan baca lagi artkel sebelumnya:

Pemicu kerusakan rumah kunci kontak motor

Lanjut rekan-rekan, tindakan perbaikan pun dilakukan dengan mengganti tali gas dengan yang baru. Karena tidak siap dengan dana, part alternatif menjadi pilihan padahal harga suku cadang asli masih tergolong bersahabat dan ongkos pasang pun tetap sama. Selama pengerjaan, obrolan ringan dengan pemilik motor menjadi pembuka tabir sebab gas motor susah turun saat sudah dilepas.

Berdasarkan pengakuan si bapak, pegas pembalik botolan skep sudah dipotong dimana tujuannya untuk meringankan saat grip gas dipelintir. Sebuah penuturan yang jujur dan separuh bangga dengan hasil garapan bengkel rujukan nya dulu yang menerapkan modifikasi ringan untuk memuaskan konsumen nya. Memang pada awalnya sensasi ringan terasa saat pegas dikurangi panjangnya dan ditarik lagi sebelum dipasang.

Tapi logika keausan sebuah pegas tetap sama... rekan-rekan. Usia pemakaian membuat kinerja pegas menurun begitu juga dengan tindakan memotong pegas, hakikatnya sama dengan membuat pegas menjadi aus dan tidak bisa bekerja dengan maksimal. Seharusnya pegas pembalik segera membuat botolan skep menutup saat tali gas putus. Tapi lantaran sudah tidak kuat lagi untuk mengembalikan botolan skep ke posisi semula, seolah-olah grip gas terus dipelintir dan putaran mesin menjerit hebat.

Kejadian ini semoga menambah pengalaman kita bersama, rekan-rekan. Tindakan modifikasi ringan sekali pun sebaiknya dipertimbangkan dengan seksama agar tidak memberi dampak yang bisa membahayakan keselamatan. Masih untung tali gas putus saat pengetesan, jika kejadiannya pada saat motor jalan... dijamin kelimpungan dan panik apa lagi kunci kontak tidak tidak berada di tempatnya.

Tapi apakah ada solusi jika terjadi pada kasus yang sama? sebenarnya ada rekan-rekan... dengan menginjak pedal operan gigi akan membuat motor seolah netral karena kopling berfungsi. Tapi itu pun besar kemungkinan hanya bisa dilakukan bagi yang sudah memiliki jam terbang tinggi dengan sepeda motornya.

Untuk si bapak yang kebetulan membawa boncengan beberapa orang anaknya, besar kemungkinan kewalahan karena harus merogoh saku untuk mengambil kunci kontak, sementara kaki sebelah kiri harus menginjak tuas operan gigi agar kopling terus berfungsi sampai motor bisa berhenti. Dengan kondisi mesin motor menjerit dan harus menahan beban boncengan yang masih kanak-kanak (kaki nya tidak sampai menyentuh tanah), prediksinya tingkat kepanikan pasti tinggi dan bisa berujung jatuh.

Melihat kondisi motor si bapak yang penuh dengan lumpur, sepertinya motor kurang perawatan dan lebih sering melindas jalanan tanah. Berdasarkan pengakuan nya, semenjak baru belum pernah ganti tali gas...ya wajarlah hitung-hitung sudah digunakan selama sepuluh tahun lebih. Tapi dampak memotong pegas pembalik botolan skep karburator juga terasa pada akhirnya.