Deteksi klep bengkok setelah ganti noken as racing

Rekan-rekan... mengganti noken as Yamaha Mio Soul memang mudah dan simpel, cukup dengan mengendurkan rantai camrat/temeng lewat stelan tensioner kemudian melepas gear kem/noken as, lalu merenggangkan stelan klep. Diakhiri dengan membuka satu baut penahan, maka noken as pun sudah bisa ditarik keluar untuk penggantian.

Sayangnya, semua belum tentu berjalan mulus setelah noken as racing terpasang dan keranggangan klep diatur kembali. Pengalaman berharga pernah dirasakan saat mengganti noken as Yamaha Mio Soul pada malam hari dengan pencahayaan yang kurang mumpuni untuk bekerja. Hanya saja si empunya motor ngotot minta tolong untuk segera dikerjakan jika memang tidak menghabiskan waktu yang lama.


Alhasil, setelah noken as racing dengan profil bukaan tinggi terpasang, terlebih dahulu poros engkol diputar untuk memastikan klep aman dan terhindar dari tabrakan dengan piston maupun antar klep. Setelah dipastikan aman, mesin pun dinyalakan dan berhasil hidup normal.

Tapi hanya beberapa saat saja sebelum mesin tiba-tiba mat,i dan saat distarter mau pun diengkol sepertinya tidak lagi terdapat kompresi. Pengusutan pun diteruskan dengan melepas busi dari kedudukannya dan terlihat satu klep sudah tidak kembali menutup, sekali pun poros engkol diputar beberapa putaran.

Sudah bisa di deteksi bahwa klep bengkok dan akhirnya terpaksa bongkar head silinder. Ternyata kedua klep bengkok karena saling tabrak, padahal jarak stelan klep sudah diatur sangat renggang agar aman. Ternyata persoalan terletak pada ukuran klep yang sudah diganti klep besar tapi tidak merubah sudut botolan klep.

Kedua klep yang bengkok pun diganti dengan yang baru, dan noken as sebelumnya pun dipasang kembali. Ternyata, klep bisa aman dari tabrakan jika stelan betul-betul renggang. Wajar saja jika sebelumnya tenaga motor tidak besar disertai berisik, lantaran klep besar yang tidak disertai dengan penyesuaian sudut botolan klep memaksa untuk memperbesar jarak keranggangan stelan klep. Alhasil, suplai bahan bakar bukannya semakin banyak, malah sebaliknya semakin kurang meski sudah aplikasi klep lebar.

Sukses membuat klep Yamaha Mio Soul bengkok setelah ganti noken as racing, menjadi pengalaman berharga untuk tidak menuruti begitu saja keinginan pemilik motor. Seharusnya penggantian noken as racing pada kasus ini dilakukan dengan tenang dan teliti serta menghitung durasi dan tinggi angkatan klep terlebih dahulu. Melihat rencana kerja klep dengan melepas per klep lalu merakitnya kembali, kemudian memutar noken as, bisa jadi salah satu cara untuk memastikan klep aman dengan profil noken as yang diganti.

Disatu sisi kelalaian sebagai mekanik yang diminta bantuan saat itu adalah menuruti begitu saja permintaan pemilik motor lantaran masih kerabat sendiri. Main simpel dan mudah pun diterapkan lantaran percaya dengan pengakuan nya, bahwa klep motor memang sudah diganti klep yang lebih besar disertai dengan ubahan pada sudut botolan klep. Sayangnya kejujuran berbayar mahal dengan fakta bahwa tidak ada perubahan sehingga mengakibatkan klep beradu.