Deteksi suara nembak Kawasaki KLX 150S ganti knalpot racing

Rekan-rekan... pusing muncul suara nembak pada Kawasaki KLX 150S setelah ganti knalpot racing, rekan kita yang satu ini minta pendapat agar bisa mengatasinya. Lantaran tidak berada di bengkel dan tanpa perkakas untuk beraksi, deteksi penyebab suara nembak hanya bisa dilakukan lewat analisa terawang alias teori doang.

Gejala nembak muncul saat motor deselerasi, letupan pada knalpot racing membuat suara yang tidak nyaman saat mengendarai Trail Kawasaki ini. Bukan salah pabrikan, karena knalpot racing merupakan bagian dari tindakan modifikasi. Lantas, apa kira-kira pemicu suara nembak tersebut?


Prediksi pertama terdapat kebocoran saat memasang knalpot racing, boleh jadi gasket knalpot tidak terpasang atau tidak rapat sempurna. Meski sepele tapi kebocoran karena paking knalpot bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya suara nembak.

Prediksi kedua, bisa saja disebabkan oleh kurangnya asupan bahan bakar karena kekecilan spuyer (pilot jet). Saringan udara kotor dan busi yang hampir mati bisa juga menjadi pemicu suara nembak yang bikin telinga terganggu, apa lagi saat di turunan panjang. Tapi tanpa perkakas bengkel sama sekali, tindakan pengecekan untuk deteksi suara nembak tidak bisa dilakukan sama sekali.


Melanjutkan analisa, ternyata si empunya motor sudah melakukan riset sendiri dengan melepas slang dari Air Valve yang akan menuju kebagian klep buang. Part ini sengaja di non aktifkan dengan menyumpal slang menggunakan baut. Hanya saja cara ini sepertinya belum tepat, rekan-rekan semua. Karena Air Valve masih bekerja selama slang kecil yang berasal dari intake manifold masih belum di matikan, meskipun asupan udara segar menuju pembuangan sudah tidak dialirkan lagi.

Weleh, memangnya Air Valve bisa menjadi penyebab suara knalpot nembak setelah diganti knalpot racing? Mikir lagi, hehe... jika sebelumnya tidak terjadi letupan saat menggunakan knalpot standar, part yang satu ini besar kemungkinan bukan penyebabnya dan tidak mesti diutak-atik.

Trus apa masalah suara knalpot nembak sudah teratasi? belum...rekan-rekan. Karena sejak awal sudah dijelaskan deteksi hanya berlangsung secara terawang sebab tidak tersedia perkakas bengkel untuk mendeteksi agar bisa memastikan penyebab dan mengatasi suara nembak pada knalpot Kawasaki KLX 150S yang satu ini. Jadi untuk sementara terpaksa mengatasi masalah tanpa solusi, haha...

Tapi sabar rekan-rekan, begitu ada perkembangan bakal kita share lagi untuk dijadikan referensi bersama. Atau bagi yang sudah punya solusinya, silahkan komentari di halaman Google+ MotorExpose.