Gasket untuk bongkar mesin motor

Rekan-rekan... mengganti gasket  menjadi syarat mutlak saat kita bongkar mesin motor. Pada gambar terlampir merupakan gasket penuh untuk Mio Sporty untuk mengganti gasket lama yang sudah tidak layak pakai. Sebenarnya terdapat beberapa pertimbangan untuk membeli onderdil atau spare part motor ini, baik yang orisinil mau pun alternatif.

Pertimbangan pertama yaitu gasket top set yang diperuntukkan apa bila kita hanya membongkar bagian blok dan kepala silinder saja. Artinya kita tidak perlu membeli yang full set karena akan terdapat beberapa bagian yang tidak akan terpakai dan tentunya ini bisa menekan biaya bongkar mesin.


Pertimbangan kedua membeli gasket asli dimana untuk hasil yang memuaskan karena mesin bukan untuk bongkar pasang. Maksudnya sekali dirakit lalu dipakai beberapa tahun dan baru akan dibongkar lagi apa bila terjadi kerusakan. Kelebihan gasket asli tentu saja dari daya tahannya dan tidak mudah robek sekiranya ada bagian yang sudah terpasang gasket harus dilepas kembali. Disamping itu sil O ring yang terbuat dari karet, untuk gasket kualitas sedang daya tahannya memang tidak sebaik yang asli tapi cukup mumpuni untuk dijadikan alternatif saat harus menyesuaikan dengan dana.

Sedikit catatan, memaksa untuk tetap menggunakan gasket lama akan beresiko apa bila terdapat bagian yang sudah terputus. Meski menggunakan lem gasket untuk membantu menutupinya tetap saja akan terdapat bagian oli yang merembes. Biasanya terjadi pada bagian blok silinder, alhasil mesin akan selalu kotor karena ada bagian yang bocor.

Begitu juga dengan karet sil O ring untuk tutup klep yang rawan sekali terdapat kebocoran. Bukannya disebabkan kurang kencang saat mengunci tutup klep tapi memang sil O ring yang sudah getas dan tidak bisa menahan kebocoran oli. Dan satu hal lagi yang jadi perhatian, untuk gasket penuh alternatif sepertinya tidak tersedia sil klep didalamnya. Sehingga kita harus membeli sepasang sil klep dan sebaiknya beli yang asli agar terjamin tidak ada kebocoran oli yang bisa masuk ke dalam ruang bakar. Namun berbeda dengan membeli gasket top set alternatif dimana sil klep terdapat dalam kemasan. Untuk gasket top set asli sayang nya tidak tersedia dalam paketan dan harus dibeli satuan.