Kelebihan menggunakan bahan cat berkualitas untuk airbrush

Rekan-rekan... tidak bisa dipungkiri, harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Semakin bagus kualitasnya maka akan semakin dalam kita merogoh kantong. Begitu juga dengan bahan cat yang digunakan untuk pengecatan dan airbrush, cat kualitas baik harganya lumayan juga, bahkan sampai 3 kali lipat dari harga bahan cat kualitas sedang dalam kemasan yang sama. Sebenarnya apa kelebihan menggunakan bahan cat berkwalitas untuk airbrush?


Kesan pertama saat menggunakan bahan cat berkualitas baik untuk airbrush, daya tutupnya yang bagus sehingga hanya membutuhkan lapisan tipis untuk disemprotkan dengan penbrush. Beda dengan bahan cat yang kualitasnya lebih rendah, dimana daya tutupnya kurang baik sehingga harus berulang-ulang dalam memberi lapisan agar bisa menutup dengan rata dan baik.

Biasanya untuk cat dasar sebelum di airbrush, bahan cat kualitas sedang digunakan untuk menekan biaya. Alasannya, cat dasar tidak akan tampil dominan nantinya apa lagi untuk airbrush full. Contohnya pada saat melakukan airbrush tangki RX King yang diberi lapisan cat putih dari bahan cat kualitas sedang sementara bagian yang akan di airbrush menggunakan bahan cat kualitas baik.

Alhasil, daya tutup cat yang bagus memberikan kemudahan dalam pengerjaan airbrush. Lapisan yang tipis saja sudah mampu menghasilkan warna yang rata dan tentunya akan membuat hasil akhir yang lebih halus dan tidak terlalu kentara ketebalan cat nya.

Jika dihitung-hitung, keuntungan lebih terasa dari kecepatan pengerjaan dan hasil yang lebih baik, meskipun untuk menebus cat kualitas baik harus rela mengeluarkan biaya lebih. Tapi dalam pemakaian, sepertinya cat berkualitas malah lebih hemat karena sedikit saja sudah bisa menutup bidang yang luas. Disamping itu, hasil akhir setelah tahap airbrush selesai dan dilapisi dengan clear coat, bahan cat berkualitas baik, membuat hasil akhir semakin bagus juga.

Kelebihan lainnya, cat lebih cepat kering sehingga bisa melakukan proses airbrush dalam waktu yang lebih singkat. Untuk airbrush grafis yang cara kerjanya buka tutup, akan lebih terasa manfaat nya. Karena tahap demi tahap bisa berjalan lebih cepat lantaran tidak harus menunggu cat kering terlalu lama.