Keuntungan membayar pajak kendaraan bermotor

Rekan-rekan... membayar pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban yang harus kita laksanakan dengan kesadaran sebagai warga Negara yang baik. Membayar sebelum jatuh tempo dan hanya sekali dalam satu tahun kadang masih ada yang merasa berat dan lalai melaksanakannya. Padahal terdapat keuntungan lain apa bila kita rutin membayar pajak motor.

Keuntungan yang jelas terasa, tentu saja merasa aman saat berkendara dijalan raya. Amannya, lantaran sudah berjalan menurut hukum dan ketentuan yang mengatur tentang kewajiban yang harus dipenuhi sebagai pemilik kendaraan bermotor. Hati tenang meski saat dalam perjalanan tiba-tiba harus berhadapan dengan pemeriksaan kelengkapan kendaraan oleh pihak yang berwenang.


Tapi ada nggak keuntungan lain jika kita membayar pajak kendaraan bermotor yang kita miliki? Tentu saja ada, contoh sederhana berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi yang merasakan manfaat membayar pajak. Satu unit motor yang pajak nya dibayar, ternyata menjadi salah satu syarat untuk dijadikan jaminan saat kita ingin mendapatkan pinjaman dari Bank.

Tentu saja juga tergantung tahun kendaraan yang bersangkutan dengan syarat dan ketentuan berlaku menurut Bank yang akan memberikan pinjaman. Tapi yang jelas, kesempatan untuk mendapat pinjaman bakal terbuka dengan jaminan motor yang pajaknya dibayar.

Beda halnya jika motor tidak bayar pajak, meski tahun keluaran tergolong anyar dan baru berumur beberapa tahun pakai saja tapi kalau pajak mati... permohonan pinjaman tidak akan dikabulkan. Hitung-hitung kesempatan pun hilang lantaran lalai membayar pajak yang seharusnya menjadi kewajiban.

Pengalaman pribadi mendapatkan pinjaman Bank dengan jaminan motor yang pajaknya dibayar, menjadi pengalaman berharga. Karena saat butuh dana untuk modal usaha, ternyata motor bisa membantu memberikan solusi. Keuntungan lainnya, kendaraan yang dijadikan jaminan masih bisa dipakai dan hanya Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) saja yang tidak ditangan.

Sebaiknya jangan lalai melunasi pinjaman karena motor yang menjadi jaminan akan disita jika tidak melaksanakan pembayaran pinjaman sampai lunas. Tapi jika lunas, kita akan mendapat kepercayaan lebih dimana peluang untuk mendapatkan pinjaman lebih besar dari pihak Bank semakin terbuka lebar.