Mesin poles untuk membuat cat halus mengkilap

Rekan-rekan... seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, perkakas bengkel berguna untuk memudahkan pekerjaan. Termasuk mesin poles yang digunakan untuk tahap akhir guna mendapatkan hasil pengecatan yang halus dan lebih mengkilap. Hanya saja alat industri untuk peralatan bengkel seperti yang ada pada gambar, cocoknya untuk mobil karena saat itu sengaja dibeli setelah menyelesaikan orderan pengecatan mobil.


Iseng untuk menggunakan nya pada bodi sepeda motor, tapi lantaran ukuran nya yang besar dan berat membuat proses polish/poles menjadi lambat dan beresiko body cover pecah. Putaran nya terlalu cepat, membuat alat ini tidak cocok untuk membantu proses menghaluskan body motor yang sudah dicat.

Seorang rekan menganjurkan untuk menambahkan timer agar putaran mesin poles menjadi lambat. Ada benarnya, hanya saja akan lebih enak jika menggunakan alat poles yang kecil dan khusus untuk motor. Namun didaerah, ketersediaan nya lumayan sulit untuk didapatkan.

Dalam pengerjaan poles body motor, selama ini hanya menggunakan cara yang mudah yaitu menggunakan kain lap halus dengan menambahkan Rubbing Compound. Setelah halus dan rata, body cover motor diberi pengkilap cat untuk kilau cat yang lebih baik. Itu pun jika konsumen punya cukup waktu untuk menunggu beberapa hari setelah body cover motor selesai dilapisi clear coat.

Sedikit catatan, proses poles dilakukan seminggu setelah lapisan clear coat kering sempurna. Apa tidak kelamaan? untuk orderan pengecatan mau pun airbrush body motor, biasanya tidak dilakukan tahap poles karena waktu yang singkat untuk menyelesaikan satu unit motor. Bahkan untuk pengecatan full sampai rangka dan mesin hanya diberi waktu 4 sampai 5 hari oleh pemilik motor. Jangankan untuk tahap poles, lapisan clear coat separuh kering saja...konsumen sudah gerah ingin langsung pasang, he..he..

Namun prinsip kerja mesin poles tetap sama untuk mobil mau pun motor, bedanya hanya pada ukuran alat yang digunakan. Nantinya jika ada kesempatan, bakal kita usahakan untuk membeli alat poles yang bisa digunakan khusus untuk sepeda motor dan bakal kita share untuk referensi bersama. Sementara waktu...gosok dengan tangan dulu sampai mengkilap.