Pengalaman modifikasi noken as tanpa alat bubut kem

Rekan-rekan... rasa penasaran untuk meningkat performa mesin dengan cara modifikasi noken as tujuannya agar debit bahan bakar yang masuk ke ruang bakar jadi bertambah. Keterbatasan alat tidak menghalangi niat untuk tetap melanjutkan uji coba dengan mengandalkan gerinda tangan saja karena tidak memiliki alat bubut kem yang harganya sedikit merogoh saku untuk dimiliki. Ya, hitung-hitung ganti pengalaman dimana sebelumnya sempat eksperimen menggunakan batu gerinda yang ditempel ke dinamo bekas pompa air.

Secara bertahap pengikisan dilakukan terhadap pantat kem tanpa mengganggu bagian puncak. Kem standar diharapkan berubah dan memiliki profil bukaan yang lebih tinggi dan lama bukaan sedikit bertambah. Kali ini percobaan modifikasi kem sendiri nyaris tanpa sigmat untuk pengukuran. Cara otodidak ini tidak dianjurkan karena hanya mengandalkan perasaan saja yang jauh dari kepastian.


Keberanian untuk memodifikasi noken as atau yang biasa juga disebut kem, dengan gerinda tangan saja lantaran penasaran karena belum pernah mencoba cara seperti ini. Dan ternyata proses mengurangi ketebalan kem tidak semudah saat menggunakan alat bubut kem rakitan sendiri apa lagi dengan mesin yang  khusus untuk bubut kem . Berkenaan dengan alat hasil garapan yang menggunakan dinamo bekas pompa air bakal kita ulas pada kesempatan yang akan datang.

Kembali soal kem yang sudah dipapas dengan gerinda tangan, hasil pengikisan terlihat sangat kasar. Hal ini disebabkan karena kem terpaksa dipegang dengan satu tangan sementara tangan yang lain digunakan untuk memegang gerinda. Sempat menggunakan ragum untuk menahan kem, tapi malah semakin ribet untuk memutar kem agar bisa dipapas sesuai keinginan.

Setelah dirasa cukup, kem dihaluskan dengan amplas agar guratan atau goresan kasar menjadi halus. Tapi lantaran goresan terdapat bagian yang dalam maka tidak semua bisa rata dan sempurna. Jadi kesimpulannya cara ini sangat riskan untuk diterapkan dan kurang simpel. Berkenaan dengan hasil modifikasi kem, memang sedikit menambah tenaga mesin namun jelas tidak akurat lantaran tanpa perhitungan dan hanya otodidak saja.