Pengaman Yamaha New Vixion Lightning asli dari pabrik

Rekan-rekan... motor baru dan gress, paling enak dielus-elus dan dipandang-pandang. Topik pembicaraan yang paling hangat tentu saja membahas tentang seluk beluk sepeda motor idaman yang sudah dipinang dan dibawa  pulang. Namanya motor baru, keamanan motor saat ditinggal menjadi pemikiran bagi pemilik. Pembicaraan ini menjadi seru saat seorang rekan memikirkan bagaimana agar motornya aman saat ditinggal, tapi tetap praktis untuk menerapkannya. Nah, disini peran pengaman Yamaha New Vixion Lightning asli dari pabrik dan bukan hasil modifikasi.


Pada awalnya rekan kita yang masih senang-senangnya melototin motor baru nya, bermaksud untuk menggunakan gembok cakram atau menggembok pada gigi tarik belakang. Dimana tujuannya untuk memberi tambahan keamanan agar motor tidak mudah diembat jika hanya mengandalkan kunci pada stang kemudi.

Hanya saja dia kurang ngeh dengan tampilan motor yang digembok pada piringan cakram apa lagi pada gear belakang yang terkadang kotor karena debu dan pelumas rantai. Maunya aman tapi tidak terlalu kentara dilihat dan tidak merusak jika terjadi pemaksaan oleh tangan yang tidak bertanggung jawab.

Ribet juga rekan-rekan... tapi sebenarnya fitur pengaman itu sudah diberikan oleh pabrikan dan nempel di standar tengah Yamaha New Vixion Lightning berupa lubang kecil yang baru bisa berfungsi jika standar tengah digunakan, lalu memasang gembok kecil pada lubang tersebut.

Alhasil, motor berada dalam keadaan roda belakang tergantung layaknya menggunakan standar tengah, namun tidak bisa diturunkan lantaran standar dipasangi gembok. Weleh, ternyata fitur tersebut sudah ada, begitu komentar si empunya motor. Memang sudah ada dan diberikan oleh pabrikan secara gratis tapi fungsional dan sangat praktis dalam menggunakannya.

Disamping aman, tampilan motor tetap keren saat ditinggal di parkiran atau ditempat lainnya. Dan sangat cocok bagi yang ingin aman tapi tidak mau terlihat seperti orang yang sangat ketakutan motor nya hilang. Padahal siapa pun memang tidak ingin motornya raib begitu saja dan memberikan sedikit keamanan lebih, mungkin lebih lebih baik untuk mencegah sebelum menyesal setelah terjadi.

Fitur pengaman ini bukan yang pertama mau pun satu-satunya pada Yamaha New Vixion Lightning, jauh-jauh hari Honda Win sudah menerapkan fitur yang sama dengan desain yang sedikit berbeda tapi fugsi tetap sama. Hanya saja fitur seperti ini sering diabaikan oleh pemilik motor dan ada yang tidak tahu sama sekali.