Pertimbangan sebelum saling tukar head silinder dengan rekan sendiri

Rekan-rekan... tergiur dengan tenaga motor lebih besar lantaran sudah mengaplikasikan klep lebar, saling tukar head silinder dengan rekan sendiri mau pun dengan orang lain sering kali dilakukan sebagai jalan pintas. Harapannya bisa mendapatkan peningkatan performa mesin dengan instan dan langsung klop. Tapi bukan berarti semudah itu, karena beberapa faktor sebaiknya dijadikan pertimbangan sebelum saling tukar head silinder. Hitung-hitung agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.


Jika ada penawaran dari rekan yang ingin saling tukar head silinder motornya, ada baiknya kita mengenali sebab dan alasannya. Karena bisa saja kondisi head silinder yang sudah tidak baik menjadi alasan ajakan untuk saling tukar. Di satu sisi akan ada yang beruntung dan disisi lain akan ada yang dirugikan. Biasanya dalih untuk saling tukar, lantaran ingin mengembalikan kondisi motor ke standar pabrikan. Padahal terdapat kekurangan pada head silinder yang sudah menggunakan klep besar tersebut.

Biasanya untuk aman menerapkan klep besar, kemiringan botolan klep harus diatur ulang lagi. Untuk didaerah tidak semudah itu melakukannya, sehingga aplikasi klep lebar tidak disertai dengan perubahan pada sudut kemiringan botolan klep, dimana klep menjadi rawan untuk saling tabrak.

Trik akal-akalan yang dilakukan agar klep tidak beradu yaitu menyesuaikan noken as dengan tujuan sekedar mencegah klep tidak saling tonjok. Ujung-ujungnya tenaga yang dihasilkan malah semakin bobrok dan motor tidak mau diajak lari meski sudah digeber.

Seharusnya untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar lewat modifikasi klep lebar, disamping sitting klep disesuaikan dengan lebar klep...sudut kemiringan botolan klep pun harus diatur ulang agar aman dari saling tabrak yang berakibat klep bengkok. Dan perubahan pada noken as ditujukan untuk memaksimal lama dan tinggi bukaan klep demi asupan bahan bakar yang lebih baik, bukan untuk menghindari klep saling tabrak.

Intinya... pelajari terlebih dahulu alasan penawaran saling tukar head silinder dengan rekan sendiri mau pun orang lain dan pastikan bahwa head silinder dalam keadaan baik serta layak pakai agar tidak menyesal kemudian hari. Jangan hanya tergiur klep yang sudah besar dan berharap bisa instan untuk diterapkan.

Sekiranya berminat untuk upgrade tenaga motor lewat head silinder yang sudah dimodifikasi klep lebar, mungkin akan lebih aman untuk membeli paket yang sudah terjamin kwalitasnya. Trus, head silinder asli bisa disimpan jika sewaktu-waktu ingin mengembalikan kondisi mesin motor ke standar parikan. Tapi jika yakin dengan kwalitas head silinder yang akan ditukar...silahkan langsung ganti, jika tidak bisa melakoni sendiri maka minta bantuan jasa yang sudah ahli.