Tips agar standar samping motor tidak membuat celaka

Rekan-rekan... sering berhubungan dengan sepeda motor, banyak pengalaman manis dan pahit dirasakan. Bahkan standar samping bisa memberi pelajaran yang sangat berkesan sehingga sulit untuk dilupakan. Berikut kita ungkap dua peristiwa pahit dari pengalaman pribadi yang disebabkan oleh standar samping motor dan tips agar tidak sampai membuat kita celaka.


Pengalaman pertama yaitu saat berkendara dengan standar samping motor masih dalam posisi turun. Baru berjalan beberapa meter dan bertemu dengan tikungan tajam kekiri, tiba-tiba motor menolak untuk dimiringkan karena tertahan oleh standar samping.

Syukur dalam kecepatan rendah, respon untuk menguasai kendaraan agar kembali stabil masih bisa dilakukan. Hanya saja pengendara lain yang datang dari arah berlawanan menjadi kelimpungan untuk menghindar agar tidak terjadi  tabrakan.

Apes tapi masih saja untung dengan tidak terjadinya kecelakaan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. Setelah diurut kronologis nya ternyata kelalaian berawal saat akan jalan, dimana keasyikan ngobrol dengan rekan sendiri membuat lupa untuk mengangkat standar samping. Sialnya, rekan yang diajak ngobrol juga tidak memperhatikan bahwa standar samping masih belum terangkat saat motor sudah bergerak pergi meninggalkannya.

Disini terasa keunggulan fitur yang ditanamkan pabrikan Honda pada motor matik nya. Dimana mesin tidak akan nyala jika standar samping masih berfungsi sehingga kejadian seperti ini akan sangat jarang terjadi.

Pengalaman kedua yaitu saat tergesa-gesa memundurkan sepeda motor ditempat yang agak sempit. Standar samping yang masih dalam keadaan turun berbenturan dengan kuku kaki, tepatnya ibu jari sebelah kiri. Lantaran hanya menggunakan sandal dan tidak dibungkus sepatu, standar samping membuat kuku kaki terkuak dan nyaris lepas.

Alamak, sakitnya bukan main rekan-rekan... kuku kaki tidak lepas total saat itu juga, tapi berminggu-minggu setelah kejadian dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk tumbuh utuh kembali. Kejadiannya hanya beberapa detik tapi deritanya lumayan lama dan hanya disebabkan lantaran kelalaian sendiri dan tergesa-gesa.

Berbagi pengalaman kali ini, semoga rekan-rekan tidak mengalami hal yang sama dan bisa mencegah sebelum turut merasakan sendiri. Tips agar standar samping motor tidak membuat celaka, setidaknya pastikan kembali posisi standar samping dengan cara melihat dan hindari ngobrol sambil mempersiapkan motor sebelum dikendarai. Dan satu lagi, melatih diri untuk tenang dan tidak ceroboh dimana bisa mengakibatkan kelalaian dan berbuntut celaka, mungkin ada baiknya dibiasakan.