Tips mengecat teromol untuk hasil yang maksimal

Motor Expose - berbagi tips ringan tentang cara mempersiapkan teromol sepeda motor sebelum pengecatan agar hasil yang didapatkan maksimal dan memuaskan dan tidak terdapat bagian yang tidak tertutup cat mau pun mempersulit saat pengerjaan.

Rekan-rekan... salah satu cara nya yaitu memotong jari-jari agar kita bisa mendapatkan teromol untuk dicat sesuai warna yang diinginkan mau pun untuk di airbrush. Tapi cara ini akan mengeluarkan biaya tambahan karena harus membeli jari-jari baru. Biasanya untuk yang ingin mengganti velg motor, dimana semua jari-jari diputus maka saat itu lah pengecatan teromol paling tepat untuk dilakukan. Jadi, jika ingin mengecat teromol lakukan sebelum dipasang kembali, agar hasil pengecatan lebih maksimal dan tidak repot untuk mengecatnya.


Cara ini juga berlaku untuk yang mengganti dengan teromol baru dan ingin dicat ulang dengan warna yang diinginkan. Lakukan pengecatan terlebih dahulu dan setelah kering sempurna, baru dipasang agar cat tidak rusak. Hal ini sering kali ditemui dimana rekan-rekan yang tidak sabaran maka akan tergesa-gesa untuk memasang kembali dan mengakibatkan cat rusak.

Apakah harus dilapisi epoxy filler sebelum dicat dengan warna yang diinginkan? Semua tergantung kondisi teromol tersebut, untuk yang baru atau belum pernah dicat sebelumnya maka pengecatan teromol bisa langsung dikerjakan. Tapi apa bila sudah pernah dicat dan dilapisi clear coat, sebaiknya setelah diamplas memberi lapisan epoxy filler akan mengurangi resiko cat keriting mau pun timbul bercak-bercak lantaran sisa minyak, oli atau gemuk yang menempel.

Jika cat lama sudah sangat tebal, sebaiknya dirontokkan dengan paint remover yang biasa dikenal dengan soda api. Untuk yang tidak melepas jari-jari, pengecatan teromol bisa dilakukan dengan melindungi jari-jari dengan sedotan yang dibelah dan dimasukkan ke jari-jari. Bisa juga dengan bantuan isolasi kertas, tapi seperti yang kita bahas sebelumnya cara ini sedikit lebih repot lantaran harus menutup nya satu per satu.

Tips mengecat teromol seperti ini setidaknya lebih memuaskan untuk hasil yang maksimal dari pada langsung dicat dalam keadaan terpasang dan tidak ditutup. Membersihkan jari-jari setelah proses pengecatan akan terasa lebih membosankan dibandingkan mempersiapkannya dengan cara seperti yang sudah kita bahas..