Tips menggunakan bor tangan kualitas sedang

Rekan-rekan... demi melengkapi perkakas agar bisa mempermudah aktivitas bengkel, membeli bor tangan dengan harga ekonomis sudah cukup untuk memiliki peralatan yang diinginkan meski dengan kualitas sedang. Memang harus diakui, kualitas sebanding dengan harga. Namun bukan berarti barang yang dengan harga yang bersahabat tidak bisa bertahan lama, yuk kita bahas tips menggunakan nya agar bor tangan bisa berusia panjang.


Pengalaman menggunakan bor tangan dengan harga terjangkau, lumayan memuaskan karena sudah dipakai selama beberapa tahun dan hanya mengalami persoalan sepele yaitu kabel arus putus dan sempat dikira masa pakai sudah berakhir. Tapi setelah di deteksi ternyata perlakuan yang kurang tepat membuat serabut kabel menjadi putus, besar kemungkinan karena terlalu lama saat menggunakannya. Seharusnya diberi jeda agar tidak ada aksi paksa memaksa dalam menggunakan bor tangan.

Komponen bor tangan yang biasanya cepat aus adalah arang atau kol. Tapi ketersediaan part pengganti lumayan mudah untuk didapatkan dan harganya pun tidak mahal. Begitu juga dengan angker dan gulungan/spull yang bisa diganti jika terjadi kerusakan karena usia pemakaian.

Tips yang diterapkan selama ini agar bor tangan kualitas sedang bisa tahan lama yaitu tidak memaksa bor untuk bekerja diluar batas kemampuannya, seperti untuk melubangi besi yang tebal. Bor hanya digunakan untuk pekerjaan yang ringan seperti melubangi body cover motor atau untuk porting lubang pada blok silinder mesin 2 tak mau pun head silinder mesin 4 tak.

Untuk melubangi besi tebal sebaiknya gunakan bor yang berkualitas atau order saja pada bengkel yang memiliki bor duduk. Hal ini akan lebih baik dibandingkan memaksa kerja bor tangan yang kemampuannya hanya untuk bagian yang ringan saja.

Beberapa bor tangan menggunakan kunci khusus untuk melepas mata bor, sebaiknya digantung dan ditambahkan tali pengikat agar tidak tercecer dan kesulitan mencari nya saat dibutuhkan. Jika tidak, dijamin kepala pusing untuk menemukan nya setiap kali ingin mengganti mata bor.