Trik mengeluarkan air dari dalam tangki motor

Motor Expose - Tanpa disadari, sedikit demi sedikit air bisa masuk kedalam tangki motor dan lama-lama semakin banyak ibarat menabung lalu menimbulkan masalah beruntun pada sepeda motor. Diantaranya motor tersendat-sendat karena bahan bakar sudah terkontaminasi dengan air dan tangki bisa keropos lalu bocor.

Beberapa hal sepele bisa menjadi penyebab masuknya air kedalam tangki motor, rekan-rekan.. bisa saja saat mengisi bahan bakar ketengan pada saat hujan, meski pun sedikit tapi lama-lama menjadi bukit. Disamping itu, tangki motor yang sering dalam keadaan setengah terisi bahan bakar juga bisa memicu air berupa embun pada dinding bagian dalam tangki.


Begitu juga saat mencuci motor, lantaran semangatnya semua bagian motor diguyur air bertekanan. Karet penahan yang terdapat pada tutup tangki, apa bila sudah tidak menutup dengan baik berakibat air masuk ke tempat penampungan bahan bakar.

Yang lebih parahnya dari kasus yang pernah ditemui, yaitu motor jatuh ke dalam kolam dan tidak hanya tangki saja yang harus dikuras sebab jeroan mesin juga dipenuhi oleh air. Tapi untuk kasus ringan seperti yang dijumpai beberapa waktu yang lalu, air yang sudah menumpuk dalam tangki motor terlihat saat tutup tangki dibuka. Lantaran jumlah air nya tidak seberapa, tindakan untuk melepas tangki dirasa tidak perlu karena ribet dan harus membuka cover body.

Trik akal-akalan untuk mengeluarkan air dari dalam tangki motor dilakukan dengan menggunakan selang kecil untuk menyedot air yang mengendap pada bagian dasar tangki. Alhasil semua air pun keluar dan tangki terbebas dari dampak adanya air. Memiringkan sepeda motor untuk mendapatkan posisi yang paling tepat berguna agar seluruh bahan bakar tersedot keluar.

Trik ini bisa diterapkan untuk motor bebek dan ampuh juga diterapkan pada motor matik, tapi untuk motor sport sebaiknya tangki bahan bakar dilepas dan sebelum menguras bahan sebaiknya digoncang terlebih dahulu dan dibilas beberapa kali. Trus, bahan bakar yang terkontaminasi dengan air apakah masih bisa digunakan kembali? Tenang...masih bisa dipakai kembali dengan catatan pastikan air yang sejatinya tidak menyatu dengan bahan bakar betul-betul tidak terbawa kembali saat dimasukkan kedalam tangki.