Cara mudah agar perbandingan gir menjadi ringan

Motor Expose - Datang ke bengkel dengan tujuan untuk membeli gir belakang ukuran super jumbo maksudnya untuk mendapatkan perbandingan sangat ringan dan kuat untuk mengangkut beban berat, seorang konsumen ngotot dan tidak terima usulan untuk memilih kombinasi yang ditawarkan. Kurang paham dengan hitungan ratio/perbandingan yang bisa membuat motor mampu menghela beban yang lebih berat, membuat konsumen teguh pendirian untuk tetap mencari gir belakang lebar.

Motor yang aslinya memiliki perbandingan 14:39 dan sudah diganti menjadi 14: 43 masih dirasa belum mumpuni. Niat untuk mendapatkan gir ukuran lebih besar dari 43 mata tentu saja lebih sulit karena berada didaerah dan ketersediaan part alternatif juga jarang. Padahal masih ada cara mudah agar perbandingan gir menjadi ringan sesuai yang diinginkan.


Mengganti gir depan pada hakikatnya juga bisa mendapatkan perbandingan yang lebih ringan lagi tanpa harus mengganti gir belakang yang sudah ada. Dengan menggunakan gir depan ukuran kecil misalkan  11 mata, maka akan mendapatkan kombinasi super ringan dengan komposisi rasio 11:43. Dan memilih untuk gonta-ganti gir depan akan lebih mudah dibandingkan gir belakang.

Logikanya, untuk mengganti gir depan kita hanya perlu melepas rantai lalu membuka baut penahan gir depan. Setelah gir selesai diganti, ketegangan rantai diatur ulang agar tidak terlalu kendur. Bahkan untuk tipe motor tertentu, gir depan hanya menggunakan spi penahan dan tentunya akan lebih simpel dalam bongkar pasang.

Beda halnya dengan mengganti gir belakang yang harus melepas roda belakang. Dan belum tuntas sampai disitu, kita harus membuka 4 buah baut pengunci gir agar bisa bisa memasang yang baru. Setelah itu dirakit kembali disertai dengan penyetelan rantai agar tidak kendur. Masih untung jika panjang rantai masih mencukupi, jika tidak ? sepertinya harus merogoh kantong lagi karena trik akal-akalan menyambung rantai kurang efektif dan rawan putus. Nah, pilih cara mudah agar perbandingan gir menjadi ringan atau cara yang sulit?