Deteksi rantai FU 150 longgar terhadap gir

Motor Expose - Pertanyaan rekan di bengkel tentang rantai FU 150 nya yang longgar terhadap gir, sekilas bisa diterawang tanpa harus melihat seperti apa betul persisnya. Hampir mirip dengan kejadian yang dialami pemilik Satria F150 yang tidak jadi menggunakan gir set setelah mengganti milik rekannya sendiri.

Padahal kalau ditelusuri penyebabnya cukup sepele, karena tidak tahu bahwa rantai asli bawaan FU 150 dengan ukuran 128-428 tidak akan cocok dengan gir 420 H yang lebih tipis. Seharusnya untuk menerapkan, rantai cocoknya menggunakan 128-420 H, agar klop dengan gir yang diganti tersebut dan tidak longgar.


Pemahaman tentang ukuran ini juga berhubungan dengan sambungan sambungan rantai seperti yang pernah dibahas sebelumnya. Silahkan baca lagi artikel:

Mengenal Sambungan Rantai Motor

Beda dengan kejadian saat New Honda Mega Pro FI yang mengalami putus rantai dan mampir ke bengkel untuk ganti gir set komplit. Sayangnya, stok di bengkel sedang kosong dan hanya terdapat satu rantai ukuran 128-428 yang memang sengaja ditaruh dalam jumlah banyak karena bisa dipotong untuk disesuaikan dengan motor yang akan diganti rantainya.

Kebetulan rantai New Honda Mega Pro FI menggunakan ukuran 124-428 dalam artian hanya membutuhkan 124 mata, akhirnya rantai yang berukuran 128 mata dipotong dan disesuaikan panjangnya. Alhasil tentu saja klop dan tidak terjadi persoalan.

Hanya saja akan lebih jika penggantian rantai juga disertai dengan mengganti gir set agar keausan nya sama, seperti maunya pemilik motor. Karena dampak nya memang langsung terasa, rantai yang sudah terpasang mengeluarkan bunyi agak berisik lantaran gir sudah aus dengan mata gir yang sudah bengkok. Tapi lantaran kondisi yang mendesak dan sudah malam, pertolongan pertama dengan cara subsitusi rantai Suzuki Satria F 150 ke New Honda Mega Pro FI berjalan mulus dan bisa mengantarkan pemilik motor untuk sampai ketujuannya.

Pemahaman tentang ukuran rantai dan gir ada baiknya kita ketahui, terkadang saat membeli bisa saja pemilik toko onderdil kurang faham dengan barang yang dijualnya. Kan banyak toko onderdil yang dijaga oleh anak gadis cantik pemilik toko yang membantu orang tuanya disaat liburan dan waktu senggang tapi tidak mengenal dengan pasti seluk beluk sepeda motor apa lagi spare part nya, hehe...