Mio Soul Kontes Orange Putih

Rekan-rekan... menjemput momen yang hampir terlupakan, Yamaha Mio Soul Kontes Orange putih yang pernah dipersiapkan untuk mengikuti ajang kontes modifikasi perdana di Kota Solok tahun 2012 lalu. Waktu yang mepet dan minim persiapan membuat sesi pengecatan harus dikerjakan dengan cepat agar bisa mengikuti lomba.

Body cover motor dilepas pukul 09:00 pagi dan segera diampelas dengan tergesa-gesa. Body cover yang basah karena menggunakan air saat mengampelas, tidak dibiarkan kering secara alami karena akan membutuhkan waktu lama sementara ajang kontes yang akan diikuti sudah dekat.


Solusinya, body cover dilap dengan kain sponge agar segera kering sembari ditiup angin kompresor. Tanpa menggunakan epoxy filler sebagai dasar, seluruh body cover langsung disiram cat putih. Hal ini masih dilakukan lantaran body cover yang masih baru tanpa gores sehingga tidak ada bagian yang didempul. Lagi pula aksi kejar tayang mengharapkan hasil pengecatan bisa finish hari itu juga.

Setelah menunggu beberapa menit untuk pengeringan cat putih, seluruh body kembali diguyur dengan cat mutiara putih dengan satu lapisan tipis. Pertimbangannya cat mutiara yang digunakan bukan kualitas tinggi dan akan terlihat kusam jika diberi lapisan terlalu tebal.

Setelah dikeringkan selama 15 menit, isolasi kertas ditempelkan sebagai pembatas antara warna orange metalik dan grey metalik sebagai kombinasi yang harapannya memberi kesan elegan tapi minimalis karena kelas yang diikuti bukan kelas airbrush grafis, melainkan Matic Fashion.

Setelah selesai, seluruh body cover langsung dilapisi dengan clear coat beberapa lapis untuk memberikan kilap cat yang lebih baik. Tahap pengeringan dilakukan dengan cara alami selama beberapa jam, dimana pukul 17:00 seluruh body cover sudah terpasang sempurna.

Tapi sayangnya informasi yang diterima saat itu kurang akurat dan kontes dilangsungkan pada hari yang sama, bukan minggu depannya. Akhirnya keinginan untuk tampil terpaksa diurungkan dan baru bisa ikut saat kontes yang diadakan beberapa bulan setelah itu. Pada kesempatan itu lah Mio Soul Kontes Orange Putih ini tampil bersamaan dengan Mio Sporty Kontes yang digarap dengan tema dub city dan mengikuti kelas yang sama.

Baca juga : Yamaha Mio Sporty Pengalaman Pertama Ikut Kontes Motor

Meski tidak berhasil untuk menjadi salah satu pemenang dalam kelas matic fashion, setidaknya pengalaman mengikuti kontes untuk pertama kalinya memberi kesan yang mendalam. Saat itu sempat menampilkan tiga unit motor kontes dikelas yang sama, tapi hanya Mio sporty yang lagi hoki mendapatkan peringkat 3 dan mengobati jerih payah mempersiapkan orderan pengecatan untuk kontes saat itu.