Alat untuk memperlambat putaran gerinda

Rekan-rekan... seperti yang kita ketahui, gerinda tangan memiliki putaran yang lumayan kencang. Sayang tidak ada setelan untuk mengatur kecepatan sesuai dengan kebutuhan kita saat menggunakan nya. Satu lagi hasil buruan saat berkunjung ke tempat rekan yang buka usaha perabot yaitu alat untuk memperlambat putaran gerinda.

Bentuk dan ukuran nya yang kecil ternyata tidak bisa diremehkan dari segi fungsi. Soal harga, rasanya relatif murah dengan manfaat yang jauh lebih besar dalam membantu mengatur kecepatan putaran gerinda dimana cara kerja alat ini sangat sederhana dengan memutar tombol sesuai dengan batas kecepatan yang diinginkan.


Sejatinya alat ini adalah Light Dimmer yang berfungsi untuk mengatur cahaya lampu agar bisa redup mau pun terang. Tapi bisa juga digunakan untuk memperlambat putaran gerinda tangan. Alat ini juga sangat berguna untuk memperlambat putaran dinamo dan pernah digunakan pada saat memapas noken as dengan alat papas kem sederhana hasil rakitan sendiri.

Baca Juga : Alat Papas Kem Sederhana Dari Dinamo Bekas

Hasilnya lumayan membantu karena saat tidak menggunakan Dimmer putaran dinamo sangat cepat, sementara pengikisan terhadap kem tidak membutuhkan kecepatan melainkan pengikisan yang rata dengan pengerjaan ekstra hati-hati. Sebab jika kebablasan, kem menjadi rusak dan tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan untuk meningkatkan tenaga mesin motor.

Light Dimmer biasanya dijual di toko alat-alat listrik dengan harga yang bervariasi tapi tetap saja tergolong murah. Percobaan menggunakan gerinda tangan dengan Dimmer pernah juga dilakukan untuk mengampelas body cover motor. Tentu saja dengan gerinda yang sudah menggunakan kertas amplas dengan alat seperti gambar gerinda tangan di atas. Tapi hasilnya kurang memuaskan dan kurang cocok, dimana proses mengampelas body cover motor terasa lebih cepat dan lebih simpel dengan cara manual, yaitu kertas amplas yang dibasahi dan dibantu dengan karet atau sandal jepit bekas.