Alat untuk mengganti sarung jok motor sendiri

Rekan-rekan... kondisi sarung jok motor yang sudah rusak karena dimakan usia, sobek sana sini membuat busa menjadi basah saat terkena air. Masih untung jika cepat kering, sayangnya air malah bertahan didalam busa jok bahkan sampai berhari-hari. Akibatnya celana sering basah dan membuat tidak nyaman setelah turun dari motor.

Alternatif untuk tidak mengganti sarung jok sering juga dilakukan pemilik motor dengan menambal dengan lakban, tapi  jelas mengurangi tampilan motor lantaran terkesan asal-asalan. Bagi yang ingin melakoni sendiri proses mengganti sarung jok, cukup sediakan alat sederhana yaitu sebuah klip tembak untuk memasang sarung jok baru.


Cara mengganti sarung jok motor sebenarnya tidak rumit, setelah sarung jok yang lama dilepas maka pemasangan sarung jok baru bisa dilakukan dengan bantuan klip tembak. Jika hanya untuk penggantian yang tidak disertai dengan pemapasan busa jok motor, satu alat ini sudah mumpuni untuk melakoni proses mengganti sarung jok motor sendiri.

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya dicermati terlebih dahulu. Klip tembak hanya dibutuhkan untuk jok yang landasannya terbuat dari plastik tebal, karena beberapa jenis jok ada yang terbuat dari plat besi dan tidak membutuhkan alat ini.

Sebaiknya kekuatan dari klip tembak dan anak klip dipastikan terlebih dahulu, sebab tingkat kekerasan plastik landasan jok tiap pabrikan motor berbeda-beda. Pada jenis tertentu plastik landasan jok lumayan keras dan sulit ditembus anak klip dimana kekuatan klip tembak sebenarnya cukup kuat hanya saja anak klip kurang mumpuni. Nah, jika sudah dipastikan terlebih dahulu maka kita bisa melakoni proses mengganti sarung jok. Berkenaan dengan cara dan tahap-tahap penggantian sarung jok motor akan kita bahas pada sesi yang akan datang :)