Kompresor Untuk Pengecatan Ternyata Kena Modif Juga

Rekan-rekan... bertandang dari bengkel ke bengkel sudah seperti hobby, lirik sana sini sambil memperhatikan banyak hal ternyata ada-ada saja yang bisa jadi penambah wawasan. Biasanya bengkel rekan sendiri yang dihampiri, tapi kali ini giliran rekan yang memiliki usaha perabot yang diobrak-abrik dan ketemu benda yang sudah tidak asing lagi yaitu puli kompresor yang masih dalam keadaan bagus tapi tidak dipakai lagi. Alamak, ternyata tidak hanya puli pada motor matik saja yang kena modif, puli kompresor yang digunakan untuk pengecatan juga turut mencicipi sentuhan modifikasi.


Kompresor yang digunakan rekan kita untuk pengecatan perabot ini, memiliki spek yang nyaris sama dengan yang ada di bengkel. Menggunakan dua piston dimana keunggulan nya bisa mengisi lebih cepat dibandingkan yang satu piston. Hanya saja kompresor milik rekan kita ini menggunaka dinamo sebagai motor penggerak. Sebagai perbandingan antara kompresor yang menggunakan mesin dengan penggerak dinamo, agar lebih jelas baca lagi :

Peralatan Untuk Belajar Cat Motor Sendiri

Masih penasaran dengan maksud perubahan yang dilakukan rekan kita terhadap kompresor berpiston ganda, serangkaian pertanyaan pun dilontarkan. Ternyata kendala tekor saat melakukan pengecatan menjadi alasan utama puli diganti dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Yap, bisa dimengerti hanya saja masih meninggalkan sedikit tanda tanya. Sebab dinamo yang biasanya bekerja ringan sekarang akan bekerja dengan berat lantaran perubahan ukuran yang sangat kentara.

Saat dibandingkan dengan puli asli saat awal kompresor dibeli, dimensi yang sangat kecil terlihat jelas. Logikanya pengisian akan lebih cepat lagi dibandingkan kombinasi bawaannya. Tapi dengan catatan putaran dinamo memiliki kecepatan yang sama. Lantaran mampir saat listrik padam sehingga tidak bisa memperhatikan dan melakukan pengetesan. Hanya saja rekan kita sepertinya senang dan sangat puas dengan modifikasi yang sudah dilakukan pada kompresor dimana tekanan angin yang dihasilkan tidak gampang tekor lagi.