Lampu sorot untuk mempercepat pengeringan cat

Rekan-rekan... satu lagi hasil penjelajahan saat berkunjung ke tempat rekan yang sedang melakukan pengecatan perabot, dimana proses pengerjaan dilakukan sampai tengah malam. Tantangan yang dihadapi adalah suhu yang sudah tidak mendukung lagi untuk proses pengeringan secara alami. Ternyata ada trik tersendiri untuk mengatasi persoalan agar hasil pengecatan bisa lebih cepat kering.

Prasangka awalnya, lampu sorot yang digantung berfungsi untuk membantu penerangan saat pengecatan sudah larut malam. Berlagak sok paham dan memberi ide kepada rekan yang sibuk mengecat perabot untuk menggunakan lampu yang diposisikan pada beberapa titik agar pencahayaan bisa maksimal dari pada menggunakan lampu sorot, mmm... ternyata keliru.


Lampu sorot digunakan bukan untuk menerangi saat melakukan pengecatan, melainkan untuk memanaskan sehingga cat bisa lebih cepat kering lantaran suhu yang sudah semakin dingin. Walah... trik seperti ini memberi ide untuk mengaplikasikan nya pada saat airbrush motor malam hari. Karena selama ini pengerjaan orderan airbrush sering mulur waktu lantaran tahap demi tahap harus menunggu cat kering. Tapi jika langsung dipanaskan dengan lampu sorot, mungkin bisa lebih cepat dari yang biasa.

Tapi semua itu masih pemikiran saat kunjungan ke tempat rekan yang juga piawai dalam pengecatan perabot, dimana beda cara dan bahan lantaran media nya juga berbeda. Pengecatan kayu sepertinya tidak bisa diperlakukan sama dengan pengecatan body cover motor yang terbuat dari plastik, serta tidak semudah mengecat diatas media logam seperti tangki motor mau pun rangka serta velg motor.

Kembali ke persoalan lampu sorot, apakah bisa diterapkan untuk pengecatan motor saat tahap airbrush ? Efesiean nggak ya...karena daya lampu sorot ternyata 500 watt sampai 1000 watt ?